PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SDN 2 SOPAI
DOI:
https://doi.org/10.47178/kv5qdy73Keywords:
Model Pembelajaran , Team Games Tournament, Media Gambar, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKN siswa dalam penerapan model pembelajaran team games tournament. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 pertemuan. Setiap siklus dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini mengacu pada kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang sudah ditentukan untuk siswa kelas IV SDN 2 Sopai. Pada pelaksanaan tindakan siklus I, dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 21 orang siswa, 8 orang siswa yang sudah mencapai KKTP dengan persentase 38% ketuntasan dan sebanyak 13 orang siswa yang belum mencapai nilai KKTP dengan persentase 62% ketidaktuntasan. Pada pelaksanaan tindakan siklus II, siswa yang memperoleh nilai mencapai KKTP sebanyak 17 orang siswa dengan persentase ketuntasan 81%, sementara 4 orang siswa yang belum mencapai nilai KKTP dengan persentase 19% ketidak tuntasan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran team games tournament berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Sopai.
References
Aliyah, Jannati, and Miftahull Cholifah. “Konselp Dasar Inovasi Pelndidikan Dan Globalisasi,” n.d.
Gelbi, Selptiyani. “Pelningkatan Hasil Bellajar Siswa Dalam Pelmbellajaran IPA SD Mellaluli Meldia Gambar.” Dharmas Eldulcation Joulrnal (DEl_Joulrnal) 3, no. 1 (May 25, 2022): 32–38. https://doi.org/10.56667/deljoulrnal.v3i1.565.
Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303
Mulgiyatmi, Mulgiyatmi. “Pelngarulh Modell Pelmbellajaran Telams Gamels Toulrnamelnts telrhadap Hasil Bellajar PPKN Siswa Kellas IV SDN Pacar.” JIM: Julrnal Ilmiah Mahasiswa Pelndidikan Seljarah 8, no. 2 (April 11, 2023): 334–40. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24631.
Nanda, Ficha Aullia, and Alelxandelr Samosir. “Pelnelrapan Kulrikullulm Melrdelka Bellajar Telrhadap Hasil Bellajar PKN Kellas III SDN 191320 Raya Tongah” 3 (2023).
Pinta, Azizah Rahma. “Implelmelntasi Pelnggulnaan Meldia Wordwall Pada Mata Pellajaran PAI Ulntulk Melningkatkan Motivasi Dan Minat Bellajar Siswa di SMPN 3 Kelcamatan Gulgulak” 5, no. 1 (2024).
Pramelswari, Tiara Dyah Ayul, Anna Roosyanti, and Elrlin Kartikasari. “Pelnelrapan Modell Pelmbellajaran Telams Gamels Toulrnamelnt (TGT) Pada Siswa Kellas IV SDN Dulkulh Kulpang V Sulrabaya,” n.d.
Pulji Lelstari, Ika Ari Pratiwi, and Imaniar Pulrbasari. “Pelnelrapan Modell Telams Gamels Toulrnamelnt (TGT) Belrbantul Meldia Crossword Pulzzlel Ulntulk Melningkatkan Hasil Bellajar Siswa Telma 9 kellas V SDN 1 dorang: Pelnelrapan Modell Telams Gamels Toulrnamelnt (TGT) Belrbantul Meldia Crossword Pulzzlel Ulntulk Melningkatkan Hasil Bellajar Siswa Telma 9 kellas V SDN 1 dorang.” Didaktik: Julrnal Ilmiah PGSD Stkip Sulbang 9, no. 04 (Selptelmbelr 28, 2023): 2161–75. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1559.
Ramopoly, I. H., Baka, C., & Hasni. (2024). Pembuatan media papan ultrasi (ular tangga numerasi) bagi guru untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(2), 258–270. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.21575.
Rante, H. D., Gojang, R., & Pratama, M. P. (2024). Peran Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Interaktif: Studi Kasus Di Perguruan Tinggi. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 4(1), 37-45.
Rifai, Mulh, Fitri Rositasari, Nanik Haryati, and SDN Mulnggult. “Analisis Pelnelrapan Pelnellitian Tindakan Kellas (PTK) di Selkolah,” n.d.
Rofiah, Chulsnull and Bulrhan Bulngin. “Analisis Data Kulalitatif: Manulal Data Analisis Proseldulr.” Delvellop 8, no. 1 (March 5, 2024): 1–13. https://doi.org/10.25139/delv.v8i1.7319.
Sapultra, Melidi. “Intelgrasi Kelwarganelgaraan Digital dalam Mata Kulliah Pelndidikan Kelwarganelgaraan ulntulk Melnulmbulhkan Eltika Belrintelrnelt (Neltikelt) di Kalangan Mahasiswa.”Julrnal Pelndidikan Kelwarganelgaraan 12,no.01(Jully14,2022):6.https://doi.org/10.20527/kelwarganelgaraan.v12i0 1.13635.
Tumba, M., & Pratama, M. P. (2024). PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KINERJA SISWA SMP. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, 3(1), 18-25.
Ullulm, di RA Bulstanull’. “Pelnelrapan pelmbellajaran koopelratif tipel telams gamels toulrnamelnt ulntulk melningkatkan pelrkelmbangan sosial anak ulsia 5-6 tahuln” 11 (2022).