PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV UPT SDN 8 SALUPUTTI
DOI:
https://doi.org/10.47178/8f938466Keywords:
Media Diorama , hasil Belajar Siswa., ipasAbstract
Latar belakang dilaksanakannya penelitian tindakan kelas (PTK) ini karena masih banyak siswa Kelas IV UPT SDN 8 Saluputti belum mencapai KKTP pada mata pelajaran IPAS. Atas dasar itulah peneliti mencari pemecahan masalah yang dihadapi siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini direncanakan dalam empat komponen, yaitu: “Perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi’’. Dalam kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan media diorama Sumber data dalam penelitian ini dalah guru kelas IV dan siswa kelas IV UPT SDN 8 Saluputti dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam II siklus, masing-masing 3 pertemuan melalui tahap-tahap sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar observasi, lembar wawancara, lembar evalusi dan lembar kerja siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan direfleksikan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan tiap pertemuan oleh observer untuk melihat data aktivitas belajar, sementara data tentang hasil diperoleh melalui tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Hasil dari penelitian dengan menggunakan Media Diorama dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT SDN 8 Saluputti ditandai dengan kemampuan menyelesaikan soal-soal pada tes yang diberikan dengan baik dari setiap siklusnya sehingga mengalami peningkatan yang baik, adapun ketuntasan hasil belajar pada siklus I adalah 48% dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar adalah 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPT SDN 8 Saluputti.
References
Aris, I. E., & Afina, F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA Materi Siklus Air Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebanyakan Kota Serang. Jurnal Primagraha, 03(01), 1–14.
Arsyad. (2020). Peran Media Pendidikan Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16, 44.
Hendrik, M. Y., Tanggur, F. S., & Nahak, R. L. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Diorama terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran IPS di SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(2), 116.
Hidayatullah, R., Mariyanti, Y., Mus, A. H., Islami Bilal, A., Muttaqien, Z., Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., & Muhammadiyah Mataram, U (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Diorama Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Dsar. Jces (Journal Of Character Education Societty,3(2). Https://Doi.Org/10.31764/Jces. V3il.2215.
Lestari, T. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema Ekosistem di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 114-124.
Manurun. Simon (2024). Bagaimana Pembelajaran IPAS Di Sekolah Dasar. Saluputti.
Putra, I. K. D., & Suniasih, N. W. (2021). Media Diorama Materi Siklus Air pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 238- 246.
Ramopoly, I. H., Baka, C., & Hasni. (2024). Pembuatan media papan ultrasi (ular tangga numerasi) bagi guru untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(2), 258–270. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.21575.
Rante, H. D., Gojang, R., & Pratama, M. P. (2024). Peran Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Interaktif: Studi Kasus Di Perguruan Tinggi. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 4(1), 37-45.
Tri, I., Pratiwi, M., Meilani, R. I., Setiabudhi, J., Bandung, N., & Indonesia, J. B. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa (The role of learning media in increasing students’ learning achievement). 3(2), 173–181. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762 230-132
Tumba, M., & Pratama, M. P. (2024). PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KINERJA SISWA SMP. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, 3(1), 18-25.
Ujang Cepi Barlian, Siti Solekah, P. R. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Educational and Language Research, 1(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Wafa, M. I. A., & Rizkyana, R. F. 2019. The Use of Digital Media On Student Cognitive Learning Outcomes in SDN 2 Surodaka. Jurnal Lensa Pendas, 4(2), 115-120.
Wahyudin, dkk. (2020). Evaluasi Pembelajaran SD. Bandung: UPI Press.