PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V UPT SDN 06 MAKALE UTARA

Authors

  • Ruth Triliani Songgo Songgo Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/sm575a66

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, media, pop up book

Abstract

Latar belakang dilaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) ini karena masih banyak siswa kelas V UPTS SDN 6 Makale Utara belum mencapai KKTP pada mata pelajaran IPAS. Atas dasar itulah peneliti mencari pemecahan masalah yang dihadapi siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas direncanakan dalam empat komponen, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan media pop up book sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V UPT SDN 6 Makale Utara dengan jumlah siswa 18 orang yang terdiri dari 10 perempuan dan 8 laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam II siklus, masing-masing 3 pertemuan dengan tahap-tahap sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi: lembar observasi, lembar wawancara, lembar observasi, dan lembar kerja siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan direflesikan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan tiap pertemuan dan observer untuk melihat data aktivitas belajar, sementara data tentang hasil diperoleh melalui tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Hasil dari penelitian menggunakan media pop up book dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V UPT SDN 6 Makale Utara ditandai dengan kemampuan menyelesaikan soal-soal pada tes yang diberikan dengan baik dari setiap siklusnya sehingga mengalami peningkatan yang baik, adapun ketuntasan hasil belajar pada siklus I  55%  dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar adalah 89%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media pop up book dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V UPT SDN 6 Makale Utara.

References

Amir, Zubaidah dan Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dzuanda. (2011). Perancangan Buku Cerita Anak Pop-Up Tokoh-Tokoh Wayang Berseri, Seri "Gatotkaca". Library ITS Undergraduate. Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Hanifah, Tisna. Umi. (2014). Pemanfaatan Media Pop Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Liguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen Di TK Negeri Bulu Temanggung).

Muakhirim, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Inkuiri Pada Siswa SD.

Ramopoly, I. H., Baka, C., (2023). Pelatihan Pembuatan Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Calistung Bagi Guru UPT SDN 10 Rembon, Lembang Palesan, Kecamatan Rembon. Jurnal Penelitian danl Pengabdian Masyarakat (COMSERVA), Vol. 2 No. 12. doi:10.59141/comserva.v2i12.703.

Ramopoly, I. H., Baka, C., & Hasni. (2024). Pembuatan media papan ultrasi (ular tangga numerasi) bagi guru untuk meningkatkan kemampuan umerasi siswa. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(2), 258–270. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.21575.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Winda, P. P. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Bok Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2025-10-27