PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV UPT SDN 5 MAKALE
DOI:
https://doi.org/10.47178/24qm1w91Keywords:
Metode Mind Mapping, Keterampilan , Menulis NarasiAbstract
Permasalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa dengan menggunakan metode Mind Mapping pada siswa kelas IV UPT SDN 5 Makale?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi kelas IV UPT SDN 5 Makale melalui penerapan metode Mind Mapping. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan setia siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV/B yang terdiri dari 6 laki-laki dan 8 perempuan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, rubrik, wawancara, dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV UPT SDN 5 Makale yang terlihat pada hasil rubrik setiap siklusnya. Nilai rata-rata siswa pada siklus I hanya 52,71 dengan kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II yang mencapai nilai rata-rata siswa 84,28 dengan kategori Baik (B). Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan selama 2 siklus dapat disimpulkan bahwa dari penelitian penggunaan meode Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi.
References
A. Ridho and M. Imron, “Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa,” J. Creat., vol. 1, no. 2, pp. 88–95, 2023, doi: 10.62288/creativity.v1i2.10.
A. Y. Prihasti and H. D. Koeswanti, “Perbedaan Model Pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Nonfiksi Siswa Sekolah Dasar,” vol. 6, pp. 298–306, 2023.
B. Deporter, Quantum Teaching. Bandung: Kaifa, 2014.
D. Rika Widianita, “Pengaruh Mind Mapping Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Di SD NEGERI 24 Palembang,” AT- Tawassuth J. Ekon. Islam, vol. VIII, no. I, pp. 1–19, 2023.
Dalman, Keterampilan Menulis. Bandung: PT Remaja Rosdayakarya, 2015.
E. S. E. B. S. Pulungan Rizka Fadhilah and F. D. F. P. Ambarit, “Pengembangan Media Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas IV SDN 101766 Bandar Setia,” Indones. J. Lang. Lit., vol. 01, no. 01, pp. 115–121, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJOL/article/view/36.
F. Fujianti, “Penerapan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Di Sekolah Dasar,” J. Teach. Learn. Res., vol. 1, no. 2, pp. 111–120, 2019.
H. G. Tarigan, Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Bebahasa. Bandung: Angkasa, 2013.
L. Aslamin, P. N., Usada, Lestari, “Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Menggunakan Metode Picture And Picture.No Title,” Didakt. Dwija Indiria, vol. 2, no. 3, 2014.
N. K. Aslian, Mas Arfeni. Umam, “Efektivitas Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Materi Menulis Teks Narasi Untuk Siswa Kelas 5 DI UPT SD Negeri 17 Gresik,” Nusant. Hasana J., vol. 2, no. 7, pp. 154–161, 2022.
N. N. Krismasari Dewi, M. . R. Kristiantari, and N. N. Ganing, “Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia,” J. Educ. Technol., vol. 3, no. 4, p. 278, 2019, doi: 10.23887/jet.v3i4.22364.
S. Laila, F., “Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Siswa Kelas III Sekolah Dasar 03 Balai-Balai,” FKIP UMSB, Inov. Pendidikan., vol. 8, no. 2, pp. 58–68, 2021, [Online]. Available: http://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/inovasipendidikan/article/view/2996.
Suyuno. Hariyanto, Implementasi Belajar & Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.
T. Buzan, Use Both Sides Of Your Brain?: Teknik Pemetaan Kecerdasan Dan Kreativitas Pikiran?: Temuan Terkini Tentang Otak Manusia. Yogyakarta: Ikon, 2003.