PENGGUNAAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD KRISTEN MAKALE 1

Authors

  • Delvi Raneta Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/jdtrd896

Keywords:

Media Srapbook, Minat Membaca

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian tindakan kelas (PTK) ini karena masih  banyak siswa kelas V SD Kristen Makale 1 belum mencapai KKTP pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Atas dasar itulah peneliti mencari pemecahan masalah yang dihadapi siswa dalam meningkatkan minat membaca siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dirancanakan dalam empat komponen, yaitu: “Perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi”. Dalam kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan media scrapbook sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V SD Kristen Makale 1 dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan  12 orang perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam II siklus, masing-masing 2 pertemuan melalui tahap-tahap sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar observasi, lembar wawncara, lembar observasi, dan lembar angket. Data yang diperoleh kemudia dianalisis dan direfleksikan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan tiap pertemuan oleh observer untuk melihat data aktivitas belajar, sementara data tentang hasil yang diperoleh melalui angket yang dilaksankan setiap akhir siklus. Hasil dari penelitian dengan menggunakan media scrapbook dapat meningkatkan minat membaca siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Kristen Makale 1, adapun hasil angket yang diperoleh pada siklus I adalah 53,4% dan pada hasil angket siklus II diperoleh adalah 85,75% . kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media scrapbook dapat meningkatkan minat membaca siswa kelas V SD Kristen Makale 1.

References

Anon. 2021. “Analisis Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas V SDN 02 Masbagik Utara.” Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar 7(1):163–72. doi: 10.29408/Didika.V7i1.3852.

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1). Asar Di Wilayah Perbatasan. Sebatik, 26(2), 666-672.

Indah Puspita Sari, N. Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD Gugus X Kota Bengkulu. Juridikdas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 336-344.

Marmita, Listya. 2021. “Meningkatkan Minat Baca, Kemampuan Memahami Bacaan, Dan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Sustained Silent Reading (SSR) Dan Reading Response [Improving Students’ Reading Interest, Reading Comprehension, And Critical Thinking Through The Implementation Of Sustained Silent Reading (SSR) And Reading Response].” Jurnal Teropong Pendidikan 1(2):126. Doi: 10.19166/Jtp.V1i2.3462.

Pratitis Kusumaning Asih, S. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook untuk Keterampilan Membaca. Indonesian Journal of Primary Education, 87-100.

Rahmat, Acep Saepul. 2017. “Games Book sebagai Media Peningkatan Minat Baca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas Tinggi.” Indonesian Journal of Primary Education 1(1):27. doi: 10.17509/ijpe.v1i1.7494.

Ramopoly, I. H., Baka, C., (2023). Pelatihan Pembuatan Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Calistung Bagi Guru UPT SDN 10 Rembon, Lembang Palesan, Kecamatan Rembon. Jurnal Penelitian danl Pengabdian Masyarakat (COMSERVA), Vol. 2 No. 12. doi:10.59141/comserva.v2i12.703.

Ramopoly, I. H., Baka, C., & Hasni. (2024). Pembuatan media papan ultrasi (ular tangga numerasi) bagi guru untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(2), 258–270. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.21575.

Tumba, M., & Pratama, M. P. (2024). PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KINERJA SISWA SMP. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, 3(1), 18-25.

Ummi Latifaturrodhita, Ummi Latifaturrodhita, And Tri Linggo Wati. 2023. “Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas II Sekolah Dasar.” Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(1):3210–22. Doi: 10.23969/Jp.V8i1.8512.

Downloads

Published

2025-10-27