EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V UPT SDN 6 MAKALE UTARA
DOI:
https://doi.org/10.47178/jfjf1807Keywords:
Efektivitas, Pendekatan Kontekstual, Media Scrapbook, Hasi Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V UPT SDN 6 Makale Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan kontekstul berbantuan media scrapbook terhadap hasil belajar IPAS di kelas V UPT SDN 6 Makale Utara. Dalam metode penelitian ini, populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V UPT SDN 9 Makale yang berjumlah 38 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution) 25. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen (eksperimental group), dengan desain pra-exsperimen design tipe two group. Hasil penelitian ini ialah penggunaan pendekatan kontekstual berbantuan media pembelajaran scrapbook efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPAS siswa kelas V. Hasil analisis tersebut didukung oleh hasil analisis uji independent sampel t-test dengan perolehan nilai signifikan 0,002. Berdasarkan perbandingan nilai signifikan diperoleh 0,002 < 0,05. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media pembelajaran scrapbook dan siswa yang menggunakan metode konvensional.
References
Arikunto, S. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Atiaturrahmaniah, M Kudsiah, EM Ulfa Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar 7 (2), 268-278, 2021.
Aulisia, Y. L., & Gunansyah, G. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook Materi Sumber Daya Alam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 2549-2558.
Creswell, John W. 2017. Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuan. Yogya: Pustaka Pelajar.
Hani Purwatiningsih, Sri Lestari, Melik Budiarti. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar.
Kemendikbud. (2022). Hal-hal Esensial Kurikulum Merdeka di Jenjang S. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/hal-hal-esensial-kurikulum-merdeka-di-jenjang-sd.
Kesuma, Dharma. 2010. Contextual Teaching Learning. Jakarta: Rahayasa.
Murjainah, ‘Pengembangan Digital Scrapbook Pembelajaran Geografi Dengan Komfetisi Dasar Menganalisis Kecenderungan Perubahan Lisofer Di Muka Bumi Di Kelas X SMA’, Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2016, 30.
Rante, H. D., Gojang, R., & Pratama, M. P. (2024). Peran Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Interaktif: Studi Kasus Di Perguruan Tinggi. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 4(1), 37-45.
Ramopoly, I. H., Baka, C., & Hasni. (2024). Pembuatan media papan ultrasi (ular tangga numerasi) bagi guru untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(2), 258–270. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.21575.
Robert, M. Gagne. (2021). Penerapan Dalam Pembelajaran Matematik, 2621-9832.
S.Hidayat, M. (2012). Pendekatan Kontektual Dalam Pembelajaran. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17 (2). hhtps://doi.org/10.24090/insania.v17i2.1500.
Siregar, Eveline dan Hartini Nana. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Dhalia.
Sugiyono, 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Jakarta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta.
Tania wati. (2020). Karya Ilmiah Penggunaan Media pop up book Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD/MI.
Tumba, M., & Pratama, M. P. (2024). PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KINERJA SISWA SMP. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, 3(1), 18-25.