PENERAPAN PAPAN JURANG UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IUPT SDN 20 MENGKENDEK
DOI:
https://doi.org/10.47178/nq12xc18Keywords:
papan jurang, hasil belajar, matematika.Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah dengan menerapkan papan jurang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I UPT SDN 20 Mengkendek?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah dengan menerapkan papan jurang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I UPT SDN 20 Mengkendek. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan setia siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I yang terdiri 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan papan jurang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 1 UPT SDN 20 Mengkendek. Rata-rata nilai pada siklus 1 materi penjumlahan dan pengurangan yaitu 57,05 mendapat nilai di atas KKTP meningkat pada siklus II menjadi 78,23 mendapat nilai di atas KKTP.
References
Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540.
Hadun Fitra; Anwar, Herson; Huljannah, Miftha. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Pembelajaran Papan Jurang Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Linear: Journal Of Mathematics Education, [S.L.], V. 4, N. 2, P. 170-181, Nov. 2023. ISSN 2722-760x. Available At:
Melati, P. E., Oktavianus, R., Agustina, S., Widiyastuti, I., Matematika, P., Sd, K., & Kidul, P. (n.d.). 3) 4) 5). 579–586.
Miles & Huberman. Analisis Data Kualitatif Terjemahan oleh tjeptjep Rohidi, 2009. Jakarta: UI-Press.
Mustaqim, I., & Wijayanti, W. (2019). Problematika Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Tematik Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Jogoroto Jombang. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 1–23.
Nurmilawati, N., Hardiati, Y., & Fendiyanto, P. (2023). Analisis Media Pembelajaran Papan Jurang (Panjurang) Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri 007 Sungai Pinang. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 13–15.
Pertiwi, I. N., Sumarno, & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 7(3), 261–270.
Ramopoly, I. H., Baka, C., & Hasni. (2024). Pembuatan media papan ultrasi (ular tangga numerasi) bagi guru untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(2), 258–270. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.21575.
Sadikin, & Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224.
Sudiarta, I.G.P., & Sadra, I. W. (2016). Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 48.
Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.