ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV UPT SDN 5 MAKALE

Authors

  • Krisnia Kaso Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/2qz30y18

Keywords:

Implementasi Kurikulum Merdeka, Pendidikan Pancasila, Kelas IV

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan Pancasila di kelas IV UPT SDN 5 Makale. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini meliputi guru dan siswa kelas IV UPT SDN 5 Makale. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka dalam pendidikan Pancasila telah terlaksanakan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dari persiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan Pancasila telah siap diawal tahun pelajaran. Implementasi kurikulum merdeka telah dilaksanakan melalui komponen indikator yaitu menyusun perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran.

References

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.

Kemendikbudristekdikti. (2024). Kurikulum Merdeka. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka

Keputusan Menteri Nomor 262/M/2022 Perubahan atas Keputusan Mendikbudristek Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Machdi, I. F. (2023). Penerapan Metode Mind Mapping Materi Pentingnya Nilai-Nilai Pancasila pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 21 Surabaya. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2)

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–94.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.3237

Rante, H. D., Gojang, R., & Pratama, M. P. (2024). Peran Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Interaktif: Studi Kasus Di Perguruan Tinggi. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 4(1), 37-45.

Salim, S. (2022). Pendidikan Pancasila di Kurikukun Merdeka. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/artikel-opini/2022/02/21/pendidikan-pancasila-di- kurikulum-merdeka

Setyawan, P. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Kelas 1 SDN 1 Surodakan Trenggalek. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Siafu, R. R., Romadhon, & Iswahyudi, D. (2023). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam. 1(4).

Suhartono, Arsana, I. W., Widyatama, P. R., & Fauzi, A. (2024). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila SMA Negeri 17 Surabaya Suhartono. Jurnal Ideas Publishing, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.32884/ideas.v10i1.1634

Wijayanti, W. (2022). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka. https://suarabaru.id/2022/07/22/perencanaan-pembelajaran-kurikulum-merdeka

Downloads

Published

2025-10-27