ENERAPAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKANKETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS IIUPT SDN 2 MAKALE

Authors

  • Rintia Sundipin Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/qjxmh583

Keywords:

Media Big Book, Keterampilan Membaca, Sekolah Dasar

Abstract

enelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca siswa. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat siswa untuk membaca serta kurang bervariasinya media pembelajaran untuk membaca yang digunakan oleh guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Kualitatif, Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru dan siswa melalui observasi, rubrik penilaian, tes dan dokumentasi terhadap kegiatan selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada siklus I rata-rata yang diperoleh siswa adalah 69,83% yang masuk dalam kategorI cukup pada siklus II rata- rata yang diperoleh siswa adalah 87,22% masuk kategori sangat baik Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media big book keterampilan membaca siswa mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media big book dapat meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas II UPT SDN 2 Makale.

References

Anitah, W. (2021) .Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta : Universitas Terbuka. Jurnal Ab Marisyah1, Firman2, R. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan. 3, 2–3.

Anis. (2016). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Buku Besar Pada Siswa Kelas IB SD Ngoto. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 18(5), 712-723.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asih, P. K., Hawanti,S., & Wijayanti, O.(2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Keterampilan Membaca. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 87–100. dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Di Kelas I SDN Bolong Sari 1/500 Surabaya

Auliyah, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Big Book Siswa Kelas IA SDN Nogopuro Depok Sleman. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Fakultas Ilmu Pendidikan.

Depdiknas, UUD 1945 No. 20 Tahun 2003 Bab III Pasal 4 Butir 5 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 2003.

Firtiana. 2016. Peningkatan Minat membaca Menggunakan Media Big book pada siswa kelas III B SD Negeri Jageran Sewon, Bantul, Yongyakarta. Skirpsi.FIP, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Yongyakarta.

Hapsari, P. Y., & V, P. (2019). Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri Harjowinangan 02 Tersono Batang. Journal Of Educational Research And Review, 2 (3)

Hidayah. N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca pemahaman Siswa Kelas V di MIN 2 Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(2).

Kadir, D. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan membaca membaca permulaan pada siswa Kelas 1 SDN 05 Wanggarasi Tahun 2014/2015 Melalui Media Gambar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5 (2), 92_102.

Khalik, A. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Pare-pare: FIKP UNM.

Lolang, E., & Pratama, M. P. (2025). Microlearning-Based Mobile Learning Module in Optimizing Learning Management System (LMS). JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 14(2), 381-392.

Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak Jakarta:Prenadamedia Group.

Mansyur, U. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Baca. Gempusta.

Meolong, L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nafi’ah, A. S. (2018). Model-model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI Yogyakarta: Ar-Ruzz Mesia.

Nur, S. (2018). Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bela Bangsa Mandiri. Skirpsi. Universitas Lampung.

Nurhadi. (2018) Teknik Membaca. Bumi Aksara.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020) Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Covid -19. JISAMAR (Journal of information system, Applied, Managent Acoounting and Research), 30-36.

Purwati,G.,Lyesmaya,D.,&Nurasiah,I.(2019).Peningkatan KeterampilanMembacaNyaringMelaluiMediaCeritaBergambarDiKelasRendah.J unal Persada,2(3)

Tumba, M., & Pratama, M. P. (2024). PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KINERJA SISWA SMP. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, 3(1), 18-25.

Downloads

Published

2025-10-27