PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI UPT SDN 4 RANTETAYO
DOI:
https://doi.org/10.47178/ec29cv02Keywords:
Media , Animasi , Hasil Belajar IPAS.Abstract
Permasalah penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media video animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ipas kelas IV di UPT SDN 4 Rantetayo Kecamatan Rantetayo?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ipas dengan menggunakan media video animasi pada siswa kelas IV SDN 4 Rantetayo. Metode penelitian ini menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari 2 siklus, dan setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ipas kelas IV di UPT SDN 4 Rantetayo melalui penggunaan media video animasi. Adapun hasil yang didapatkan pada siklus I dengan ketuntasan belajar 33% dengan kriteria sangat kurang sehingga dilanjutkan pada siklus II dengan nilai ketuntasan 88% pada kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan selama 2 siklus disimpulkan bahwa dengan penggunaan media video animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 4 Rantetayo Kecamatan Rantetayo.
References
Arsyad. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Busyaeri, Udin & Zaenuddin. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran
Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min KroyaCirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. Vol – 1 No. 1.
Calderon, Hernandez & Fisher, (2018). Studying animation for real-time visual analytics : A design study of social media analytics in emergency management. Proceedings of the Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 1, 1364-1373.
Daryanto. (2020). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Grava Media.
Dirman. (2019). Teori Belajar dan Prinsip-Prinsip Pembelajar yang Mendidik.Jakarta: PT.Rieneka Cipta.
Gerlach&Ely. (2018).Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Rante, H. D., Gojang, R., & Pratama, M. P. (2024). Peran Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Interaktif: Studi Kasus Di Perguruan Tinggi. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 4(1), 37-45.
Johari, Hasan & Rakhman. (2018). Penerapan Media Video dan Animasi pada Materi Memvakum dan Menisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol.1, No.1. Departemen Pendidikan Teknik Mesin, FPTK UPI.
Mashuru. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Mill. (2018). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Newbury Park: CA: Sage Publication.
Munir. (2017). Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nawawi, I. (2018). Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kinerja. Jakarta: PT. Fajar Iterpratama Mandi.
Nurrahmayanti. (2017). Pengaruh penggunaan video animasi terhadap hasil belajar Bahasa indonesia pada materi cerita anak sd kelas v SD Inpres Lasepang Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.
Purnama. (2018). Konsep Dasar Multimedia. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Rawambaku. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan “Dasar-Dasar Analisis dan Pengelolahan Data Statistik. Jakarta: Penerbit Libri.
Rusman, dkk. (2020). Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Komunikasi dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Jakarta : PT RajaGafindo Perseda.
Suheri. (2020). Animasi Multimedia Pembelajaran Jurnal Media Teknologi. Universitas Surya kencana. Cianjur. Vol. 2. No. 1.
Slameto. (2020). Belajar dan Faktor-faktor yang Memperngaruhinya. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, N. (2018). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Thobroni. (2018). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Yogjakarta: Arr-Ruzz Media.
Tirtonegoro, S. (2019). Anak Supernormal dan Program Pendidikannya.Yogyakarta: PT Bumi Aksara.
Tumba, M., & Pratama, M. P. (2024). PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KINERJA SISWA SMP. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, 3(1), 18-25.
Uno. (2018). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.