PENGGUNAAN TEKNIK STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV UPT SDN 2 MAKALE
DOI:
https://doi.org/10.47178/hyhnw696Keywords:
Teknik Storytelling, keterampilan berbicaraAbstract
Permasalahan penelitin ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan teknik Storytelling pada siswa kelas IV UPT SDN 2 Makale. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan teknik Storytelling. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dan setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SDN 2 Makale sebanyak 20 terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data dilakukan observasi, Rubrik, Wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Teknik Storytelling dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV UPT SDN 2 Makale yang dapat dilihat pada hasil tes keterampilan berbicara siswa siklus I didapati 40% atau sebanyak 8 siswa berhasil mencapai standar yang ditetapkan sementara 60% atau sebanyak 12 siswa belum mencapai standar yang diharpakan. Terlihat pada siklus II terjadi peningkatan yaitu terdapat 19 siswa atau 95% yang mencapai nilai diatas 75. Sehingga dapat dikategorikan sebagai siswa yang berhasil atau tuntas. Sementara itu hanya 1 siswa (5%) yang mendapatkan nilai dibawah 75. Selain itu, hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan
References
Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Abidin, Zainal, and Sri Utami. "Peningkatan Kemampuan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Teknik Bercerita (Storytelling) Pada Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 4.11 (2015).
Aqib, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widya
Abidin, Zainal, and Sri Utami. "Peningkatan Kemampuan Berbicara Pembelajaran Dasar." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 4.11 (2015).
Hasbi. (2021). "Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar: Tinjauan Konsep dan Implementasinya." Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 45-58.
Hasbi, F. A. . (2021). Retracted: Pengembangan Media Papan Catur Digital untuk Materi Bangun Ruang Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan,DanPengelolaanPendidikan, 1(12)962–967.https://doi.org/10.17977/um065v1i122021p962-967
Rante, H. D., Gojang, R., & Pratama, M. P. (2024). Peran Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Interaktif: Studi Kasus Di Perguruan Tinggi. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 4(1), 37-45.
Khairoes, Desmarita And Taufina (2019) Penerapan Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu
Komaidi, didik dan Wahyu Wijayanti. 2011. Panduan Lengkap PTK. Yogyakarta: Sabda Media.
Komaidi, didik dan Wahyu Wijayanti. 2011. Panduan Lengkap PTK. Yogyakarta: Sabda Media..
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nursalim Ar. 2011. Pengantar Kemampuan Bahasa Indonesia Berbasis Kompetensi,
Yogyakarta, Zanafa Publisihing
Purba, Mudini, (2009). Pembelajaran berbicara. Jakarta,ISO.
Perdana, D. C., & Waspodo, M. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dan Bicara Menggunakan Metode Bercerita Di Tk Islam Al Azhar 27.
Tanjung, R. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 339–348
Tambunan, P. (2017). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. TheBritishJournalofPsychiatry,112(483),211–212.
https://doi.org/10.1192/bjp.112.483.211-a
Tarigan, H. G. 2015. Membaca sebagai keterampilan berbahasa. Bandung. Angkasa
Wael, A., & Hasanudin, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa melalui Teknik Storytelling di Medina English Club. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 9(2), 73-77.
Wael, Ahmad, and Hasanudin Hasanudin. "Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa melalui Teknik Storytelling di Medina English Club." Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan 9.2 (2020): 73-77.