Pemanfaatan Teknologi dalam Numerasi untuk Meningkatkan Kompetensi Abad 21 di Sekolah Dasar

Authors

  • Desi Natalia Universitas Lakidende Unaaha

DOI:

https://doi.org/10.47178/1q6wfs74

Keywords:

Teknologi, numerasi, Sekolah Dasar, , Kompetensi Abad 21, Pembelajaran Digital

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran numerasi di Sekolah Dasar (SD) menjadi aspek krusial dalam meningkatkan kompetensi abad ke-21, yang meliputi keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Artikel ini membahas peran teknologi dalam mendukung pembelajaran numerasi serta dampaknya terhadap pencapaian kompetensi siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber terkait pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran numerasi di SD. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi teknologi, seperti perangkat lunak interaktif, aplikasi pembelajaran berbasis digital, dan kecerdasan buatan, dapat meningkatkan pemahaman numerasi siswa serta mendukung pembelajaran yang lebih adaptif dan menarik. Dengan demikian, penggunaan teknologi dalam numerasi memiliki potensi besar dalam mempersiapkan siswa menghadapi tantangan era digital.

References

Anderson, J., & Li, Y. (2020). Technology in Mathematics Education: Enhancing Learning and Teaching. Routledge.

Arissaputra, A. T. M. (2023). 3 Metode untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa di Era Digital.

Helaluddin, Tulak, H., & Rante, S. V. N. (2020). Penelitian dan Pengembangan: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik dalam Bidang Pendidikan. Banten: Media Madani.

Herawan, E. (2021). Literasi Numerasi Di Era Digital Bagi Pendidik Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung (SENDIKSA-3), 3, 23–32. Semarang: Unissula Press.

Kaharuddin, A., Tulak, T., Magfirah, I., & Ode, R. (2021). Mengapa Kita Membutuhkan Teknologi Dalam Pendidikan? Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 57–61. https://doi.org/10.47178/jkip.v10i1.1279

Ndoang, T. I., Laksana, D. N. L., Noge, M. D., & Lawe, Y. U. (n.d.). Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa SD Melalui Adaptasi Teknologi Program Kampus Mengajar. Jurnal Cahaya Mandalika (JCM), 2594–2609.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing.

Prensky, M. (2012). From Digital Natives to Digital Wisdom: Hopeful Essays for 21st Century Learning. Corwin Press.

Sulistiyawati, D. Y. R. (2024). Peran Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Literasi Numerasi Peserta Didik Jenjang Sekolah Dasar Di Era Digital. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 7(3), 451–459. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91608

Tangkearung, S. S., Palimbong, D. R., & Maramba’, S. (2024). Peran Kecerdasan Buatan dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Masa Depan. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 52–59. https://doi.org/10.47178/rd91rp96

Tulak, T., Rubianus, & Maramba’, S. (2024). Optimizing Mathematics Learning Outcomes Using Artificial Intelligence Technology. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 12(1), 160–170. https://doi.org/10.24252/mapan.2024v12n1a11

Umar, Mahmudi, M. R., Davidi, E. I. N., & Tulak, T. (2024). Tren Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Numerasi Di Sekolah Dasar: Analisis Bibliometrik. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 148–160. https://doi.org/10.47178/hjncz940

UNESCO. (2021). The Role of Digital Technology in Education: A Review of Evidence. UNESCO Publishing.

Downloads

Published

2025-10-27