ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDEKATAN PERILAKU SISWA KELAS IV SDN 7 KESU’  KABUPATEN TORAJA UTARA

Authors

  • Melsy Tambing Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/f0jcs405

Keywords:

Karakter, Pendekatan Perilaku

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendidikan karakter  melalui pendekatan perilaku siswa kelas IV SDN 7 Kesu’. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 7 Kesu dengan jumlah siswa 22 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Hasil penelitian analisis pendidikan karakter melalui pendekatan perilaku siswa kelas IV SDN 7 Kesu’ Kabupaten Toraja Utara  sesuai dengan analisis yang dilaksanakan oleh penulis selama tiga hari dengan data-data yang ada di atas dapat disimpulkan bahwa karakter di SDN 7 Kesu’ dapat dikategorikan baik karena berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan lima karakter siswa yaitu : (1) Disiplin meliputi adanya tata tertib sekolah siswa datang tepat waktu, menggunakan seragam sekolah berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan dan mengerjakan tugas yang diberikan, (2) Jujur meliputi siswa mengatakan yang sebenarnya jika tidak belajar dan tidak mengerjakan tugas serta jika tidak mengikuti ibadah hari Minggu, (3) Rasa ingin tahu yang tinggi yaitu siswa aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dan memiliki kepercayaan diri untuk mengerjakan soal, (4) Toleransi siswa yaitu melakukan kerja bakti bersama dan mengahrgai teman saat melaksankan ibadah, (5) Kreatif siswa yaitu menggunakan alat peraga sambil bermain saat proses pembelajaran.

References

A. S. Prabowo and W. Cahyawulan, “Pendekatan Behavioral: Dua Sisi Mata sPisau,” Insight J. Bimbing. Konseling, vol. 5, no. 1, p. 15, 2016, doi: 10.21009/insight.051.03.

B. Arifin, “Psikologi Sosial.pdf.” CV. Pustaka Setia, Bandung, p. 305, 2015.

B. Pelestarian and N. Budaya, “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 CHARACTER EDUCATION IN CURRICULUM 2013 pp. 259–268, 2014.

D. K. Albertus, Ed., “Strategi mendidik anak di zaman global,” Jakarta: PT. Grasindo, 2007.

Hakpantria, H., Shilfani, S., & Tulaktondok, L. (2021). Pendidikan karakter berbasis nilai filosofi tongkonan pada era new normal di SD Kristen Makale 1. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(3).

J. Rokhmat, “Penanaman Karakter Positif Pelajar Melalui Pembahasan Fenomena-Fenomena Fisika dan Pendekatan Analogi (Hasil Kajian Perkulihan Fisika Dasar),” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 1, no. 1, p. 52, 2017, doi: 10.29303/jpft.v1i1.235.

Lolang, E., & Pratama, M. P. (2025). Microlearning-Based Mobile Learning Module in Optimizing Learning Management System (LMS). JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 14(2), 381-392.

S. Haryati, “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 Oleh: Sri Haryati (FKIP-UTM),” Pendidik. Karakter dalam kurikulum 2013, vol. 19, no. 2, pp. 259–268, 2013.

S. Mustoip, Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press Purwokerto, 2018. doi: 10.31227/osf.io/qft7g.

Y. Siska, “IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER,” no. 1, pp. 31–37, 2018.

Downloads

Published

2025-10-27