PENERAPAN METODE FUN LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 6 KESU’
DOI:
https://doi.org/10.47178/qsr6qk76Keywords:
Fun Learning, Minat Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas 3 di SDN 6 Kesu dengan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian Tindak Kelas (PTK) adalah jenis penelitian yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah di kelas. Penelitian ini termasuk dalam jenis PTK ini. Empat tahap membentuk proses penelitian: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan cara yang serupa dan berfokus pada meningkatkan minat siswa dalam belajar. Studi ini dilakukan di SDN 6 Kesu, di mana siswa berada di kelas 3. Ini mencakup dua siklus dengan tiga pertemuan setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa meningkat setiap siklus. Persentase minat belajar rata-rata siswa sebesar 54,68% pada siklus pertama dan naik menjadi 80,72% pada siklus kedua. Singkatnya, metode pembelajaran menyenangkan terbukti efektif dalam meningkatkan minat siswa dalam matematika di kelas 3 SDN 6 Kesu.
References
Ahmadi, A. P. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia. Aisah, I. (2016). Effect Of Fun Teaching Methods Using Flash Card On Metivation And Learning Mathematies. 1(1), 4.
Alwahidi, A. A., Sani, M. I., Dewi, A. M., Darmawangsa, S. S., Nur, T., Rohimah, S., Imtihan, Z., Hasmiati, W., Mustapida, H., & Sukenti, K. (2021). Optimalisasi Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Era New Normal di Desa Sengkerang , Kecamatan Praya Timur. 2–5.
Amalia, L. R., & Setyawan, A. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar menggunakan metode fun teaching pada mata pelajaran matematika kelas III SDN Gampengrejo. 1(6), 613–627.
Annisa, A., Ridwan, F. D., & Paujiah, E. (2021). Implementasi Metode Fun Learning untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa SDN Curug 03. 46(Desember).
Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindaka n Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Asmawandi, A. (2021). Fun Learning Melalui Media WhatsApp Pada Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 4.
Darmansyah. (2011). Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.
Irfan, M., & Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Lolang, E., & Pratama, M. P. (2025). Microlearning-Based Mobile Learning Module in Optimizing Learning Management System (LMS). JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 14(2), 381-392.
Muhaimin. (2011). Pengaruh Penggunaan Metode Fun Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Jakarta: UIN Sharif Hidayatullah.
Mulyani, S. (2017). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Materi Mengenal Anggota Tubuh Dan Kegunaannya Dengan Menerapkan Metode Fun Learning. Jurnal Indonesia Journal On Education And Research, 2(4).
Nirbita, B. (2017). Fun Learning Sebagai Solusi Dalam Penerapan Full Day School Pada Jenjang Sekolah Dasar. Malang: Seminar Nasional Pendidikan.
Nurfitriana. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Fun Learning Terhadap Minat Belajar Ipa Bagi Siswa Kelas V Di Mi Bahrul Ulum Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Gowa: PGMI UIN Alauddin Makassar.
Nurkholis, N. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi.Kependidikan, 1(1), 24–44.
Oktavia, H. (2017). Penggunaan Metode Fun Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran IPS DI SDN I Sumberrejo kotagajah tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi. Kotagajah. PGMI Universitas Agama Islam Negeri Medro.
Reski Aulyah Syukri. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Fun Learning Dalam Meningkatkan Hasil Menulis Karangan Narasi Pada Murid Kelas V UPT SPF SD INPRES PARANG KOTA MAKASSAR. Skripsi: Makassar: Pgsd Universitas Muhammadiyah Makassar.
Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Ridwan & Awaluddin, A. F. 2019. Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Raodhatulathfal. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 13(1)
Safitri, M. D. (2021). Penerapan Metode Fun Learning Pada Pembelajaran Online Siswa Kelas I Di Sd Negeri I Pancasan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Skripsi. Puwokerto: PGMI UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Puworkerto.
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Slameto. (2017). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 33–43. Suprihatiningrum, J. (2014). Strategi Pembelajaran: Teori Dan Aplikasi.Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Syukri, R. A., Bahri, A., & Khaltsum, U. (2022). Penerapan model pembelajaran fun learning dalam meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi siswa sekolah dasar. 1(1), 51–60.
Yulinda, N. (2017). Penerapan Metode Fun Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Kelas I B Sdn 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. 6(2), 127–135.