ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA KELAS II SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hesti Dwi Fitriana Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.47178/d5gh5j87

Keywords:

kecemasan matematis, HOTS, penjumlahan, pengurangan

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS materi penjumlahan dan pengurangan. (2) Mengidentifikasi kecemasan matematis siswa kelas II SDN 01 Sitemu dalam menyelesaikan  soal  HOTS  materi  penjumlahan  dan  pengurangan.  (3)  Menganalisis faktor penyebab kecemasan matematis siswa kelas II SDN 01 Sitemu dalam menyelesaikan soal HOTS materi penjumlahan dan pengurangan. Metode penelitian ini adalah fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 35 siswa kelas II. Teknik pengumpulan data melalui tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data melalui triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan (1) penyelesaian siswa dalam menyelesaikan soal HOTS materi penjumlahan dan pengurangan yaitu ada 43% siswa sudah dapat menganalisis. Terdapat

9% siswa sudah dapat mengevaluasi. Terdapat 29% siswa sudah dapat mengkreasi. (2) Kecemasan matematis siswa kelas II SDN 01 Sitemu dalam menyelesaikan soal HOTS materi penjumlahan dan pengurangan. Pada indikator mood terdapat 57% siswa merasa tegang, 86% siswa merasa was-was, 66% siswa merasa khawatir, 63% siswa merasa takut, dan 69% siswa merasa gugup. Pada indikator motorik tardapat 54% siswa merasa gemeteran dan 63% siswa terburu-buru. Pada indikator kognitif terdapat 57% siswa merasa kesulitan untuk konsentrasi dan 23% siswa merasa tidak mampu dalam mengambil keputusan. Pada indikator somatif terdapat 54% siswa merasa jantung berdebar  kencang  dan  46%  siswa  merasa  tangan  mudah  berkeringat.  (3)  Faktor penyebab kecemasan matematis siswa kelas II SDN 01 Sitemu dalam menyelesaikan soal HOTS materi penjumlahan dan pengurangan dikarenakan faktor intelektual.

References

A. A. P. C. P. Suardana and N. Simarmata, “Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kecemasan pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar di Denpasar Menjelang Ujian Nasional Anak Agung Putu Chintya Putri Suardana dan Nicholas Simarmata,” Psikol. udayana, vol. 1, no. 1, pp. 203–212, 2013, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/25080

D. Kusumastuti, “Kecemasan dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa,” Analitika, vol. 12, no. 1, pp. 22–33, 2020, [Online]. Available: http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/466/Untari, “Hubungan antara kecemasan dengan prestasi uji osca I pada mahasiswa AKPER PKU Muhammadiyah Surakarta,” J. Kebidanan, vol. 6, no. 1, pp. 10–15, 2014, [Online]. Available:https://ejurnal.stikeseub.ac.id/index.php/jkeb/article/download/126/125

D. A. Rahmah and A. P. Abadi, “Kesulitan Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Matematika,” Pros. Sesiomadika, pp. 945–949, 2020, [Online]. Available: https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2569%0Ahttps://j ournal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/download/2569/1945

D. A. Fajarsari, V. Purnamasari, and R. M. Sary, “Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teroi Newman Soal Cerita Pada Materi Perkalian di Sekolah Dasar,” Pros. Sendika, vol. 4, no. 1, pp. 244–256, 2023, [Online]. Available: https://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/4356/3240

D. A. Putri and R. R. Wandini, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas ll Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan SD IT Hidayatul Jannah,” J. Pendidik. Tembusai, vol. 7, no. 3, pp. 29941–29946, 2023, [Online]. Available: https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/11831/9138

E. Gradini, B. Yustinaningrum, and D. Safitri, “Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Indikator Polya,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 1, pp. 49–60, 2022, [Online]. Available: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/686

G. A. Erfani, M. S. Rokhman, and R. A. Sholikhakh, “Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmetika sosial menurut Polya,” AKSIOMA J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 11, no. 2, pp. 306–314, 2020, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/348164914_Analisis_kesalahan_siswa_ dalam_menyelesaikan_soal_cerita_matematika_materi_aritmetika_sosial_menur ut_Polya

I. W. Anita, “Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp,” Infin. J., vol. 3, no. 1, p. 125, 2014, doi: 10.22460/infinity.v3i1.43.

I. W. Pratiwi, F. Psikologi, and U. Borobudur, “Gambaran Kecemasan Siswa SMP dalam Menghadapi Pelajaran Matematika Gambaran Kecemasan Siswa SMP dalam Menghadapi Pelajaran Matematika,” vol. 10, no. 2, pp. 42–53, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/psikologi/article/view/859

Lolang, E., & Pratama, M. P. (2025). Microlearning-Based Mobile Learning Module in Optimizing Learning Management System (LMS). JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 14(2), 381-392.

M. Atikasuri, H. S. Mediani, and N. Fitria, “Tingkat kecemasan pada andikpas usia 14-18 tahun menjelang bebas di lembaga pembinaan khusus anak kelas ii description of anxiety disorder among inmate 14 – 18 years old pre release at lembaga pembinaan khusus anak class ii,” J. Nurs. Care, vol. 1, no. February, pp. 78–84, 2018, [Online]. Available: http://journal.unpad.ac.id/jnc/article/view/15773/11489

Munasiah, “A rithmetic,” J. Arith. Acad. J. Math, vol. 02, no. 01, pp. 99–110, 2020, [Online]. Available: http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/arithmetic/article/view/1508

N. D. Rahmawati, Pengembangan dan Penyelesaian Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Melalui Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar. 2020.

Pratama, M. P. (2022). Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Komputer. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 2(1), 76-82.

Pratama, M. P., & Ervianti, E. (2024, November). Development of Android-Based Interactive Media in Educational Teknologi UKI Toraja. In 7th International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2023) (pp. 831-840). Atlantis Press.

R. Ramandani, “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Soal Cerita Matematika Kelas V Melalui Media ‘ Puzzle Cermat ’ Universitas Muria Kudus dihadapi guna mencapai tujuan yang diidamkan ( Udmah et al .,2024 ). Ahmad & Asmaidah kemampuan siswa agar mampu,” vol. 2, no. 3, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.stikes- ibnusina.ac.id/index.php/INOVED/article/view/1523/1730

S. Hidayah, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal CeritaTentang Perbandingan,” Prem. J. Islam. Elem. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 74–91,2020, [Online]. Available:https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=Tj1Jw vcAAAAJ&citation_for_view=Tj1JwvcAAAAJ:u5HHmVD_uO8C

S. A. Widodo, L. Laelasari, R. M. Sari, I. R. Dewi Nur, and F. G. Putrianti, “Analisis Faktor Tingkat Kecemasan, Motivasi Dan Prestasi Belajar Mahasiswa,” Taman Cendekia J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. 1, no. 1, pp. 67–77, 2017, [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/261732/analisis-faktor-tingkat- kecemasan-motivasi-dan-prestasi-belajar-mahasiswa

S. Mutrikah, R. M. Sary, and M. Y. Setia W, “Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Penjumlahan Di Kelas 3 Sekolah Dasar,” Elem. Sch. J. Pendidik. dan Pembelajaran ke-SD-an, vol. 8, no. 2, pp. 380–391, 2021, [Online]. Available: https://es.upy.ac.id/index.php/es/article/view/1610/1138

S. Setiawati, “ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS ( HOTS ) SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN,” vol. 2, no. 2010, pp. 552–557, 2019, [Online]. Available: https://rumahpublikasi.com/index.php/prokaluni/article/download/143/67

S. Suardi, L. E. L Hakim, and T. A. Aziz, “Kesalahan-Kesalahan Siswa pada Materi Pecahan,” Griya J. Math. Educ. Appl., vol. 2, no. 2, pp. 418–428, 2022, [Online]. Available: https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/article/view/201/181

Velga & Delvi, “Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa,” J. Chem. Inf. Model., vol. 5, no. 9, pp.1689–1699, 2022, [Online]. Available: https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/view/1361

Tumba, M., & Pratama, M. P. (2024). PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KINERJA SISWA SMP. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, 3(1), 18-25.

Downloads

Published

2025-10-27