PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS KELAS VI SDN 3 TIKALA
DOI:
https://doi.org/10.47178/f5tc9925Keywords:
pembelajaran berdiferensiasi, project based learning, hasil belajarAbstract
Pembelajaran yang saat ini dilakukan guru masih menyamaratakan semua siswa, menganggap bahwa semua siswa memiliki kemampuan yang sama. Kurikulum Merdeka memiliki harapan besar yaitu mengubah sistem pendidikan di Indonesia menjadi lebih menyenangkan dan disesuaikan dengan keadaan siswa di setiap sekolah. Salah satu upaya dalam mengembangkan konsep merdeka belajar yang sedang dicanangkan dalam Sistem Pendidikan Nasional saat ini adalah pembelajaran berdiferensiasi (Fitra, 2022). Hal ini sejalan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang memiliki tujuan akhir berupa proyek. Menurut review literatur yang dilakukan Wahyuni (2020), pembelajaran berdiferensiasi dapat diintegrasikan dengan beberapa model pembelajaran seperti Problem Based Learning, Blended Learning’s Station Rotation, Project Based Learning dan memperhatikan gaya belajar siswa.
References
Aidawati, N. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Siswa Kelas XII Multimedia Di SMK Negeri 1 Samarinda Tahun Pelajaran 2017/2018. La, 3(2), 12.
Anis Wahdati Sholekah. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 16-22.
Fitron, M., & Mu’arifin. (2020). Survey Tingkat Persepsi Siswa Terhadap Konsep
Tumba, M., & Pratama, M. P. (2024). PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KINERJA SISWA SMP. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, 3(1), 18-25.
Pendidikan Jasmani Di Sekolah Menengah Atas. Sport Science and Health, 2(5), 264-271
Rahmawati, R. and Wijayanti, Y. (2020) “The Implementation of Integrated Science-Social Studies Learning in Junior High School”. International Journal of Educational and Practice, 8(7), pp. 313-321
Rante, H. D., Gojang, R., & Pratama, M. P. (2024). Peran Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Interaktif: Studi Kasus Di Perguruan Tinggi. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 4(1), 37-45.
Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335-346.
Seftiani, S., Zulyusri, Z., Arsih, F., & Lufri, L. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma. Biolmi: Jurnal Pendidikan, 7(2), 110-119.
Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi.