PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS KELAS VI SDN 3 TIKALA

Authors

  • Damaris Upa’ Lukas Barung Upa’ Lukas Barung Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/f5tc9925

Keywords:

pembelajaran berdiferensiasi, project based learning, hasil belajar

Abstract

Pembelajaran yang saat ini dilakukan guru masih menyamaratakan semua siswa, menganggap  bahwa  semua  siswa  memiliki  kemampuan  yang  sama.  Kurikulum  Merdeka memiliki  harapan  besar  yaitu  mengubah  sistem  pendidikan     di  Indonesia  menjadi  lebih menyenangkan dan disesuaikan dengan keadaan siswa di setiap sekolah. Salah satu upaya dalam mengembangkan konsep merdeka belajar yang sedang dicanangkan dalam Sistem Pendidikan Nasional saat ini adalah pembelajaran berdiferensiasi (Fitra, 2022). Hal ini sejalan dengan model pembelajaran  Project  Based  Learning  (PjBL)  yang  memiliki  tujuan  akhir  berupa  proyek. Menurut review literatur yang dilakukan Wahyuni (2020), pembelajaran berdiferensiasi dapat diintegrasikan dengan beberapa model pembelajaran seperti Problem Based Learning, Blended Learning’s Station Rotation, Project Based Learning dan memperhatikan gaya belajar siswa.

References

Aidawati, N. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Siswa Kelas XII Multimedia Di SMK Negeri 1 Samarinda Tahun Pelajaran 2017/2018. La, 3(2), 12.

Anis Wahdati Sholekah. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 16-22.

Fitron, M., & Mu’arifin. (2020). Survey Tingkat Persepsi Siswa Terhadap Konsep

Tumba, M., & Pratama, M. P. (2024). PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KINERJA SISWA SMP. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, 3(1), 18-25.

Pendidikan Jasmani Di Sekolah Menengah Atas. Sport Science and Health, 2(5), 264-271

Rahmawati, R. and Wijayanti, Y. (2020) “The Implementation of Integrated Science-Social Studies Learning in Junior High School”. International Journal of Educational and Practice, 8(7), pp. 313-321

Rante, H. D., Gojang, R., & Pratama, M. P. (2024). Peran Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Interaktif: Studi Kasus Di Perguruan Tinggi. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 4(1), 37-45.

Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335-346.

Seftiani, S., Zulyusri, Z., Arsih, F., & Lufri, L. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma. Biolmi: Jurnal Pendidikan, 7(2), 110-119.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan

Teknologi.

Downloads

Published

2025-10-27