HUBUNGAN LINKUNGAN BELAJAR SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VI SDN 03 RANTETAYO
DOI:
https://doi.org/10.47178/twny0874Keywords:
Lingkungan Sekolah, Hasil BelajarAbstract
Permasalahan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar murid kelas IV SDN 03 Rantetayo. Populasi dalam penelitian ini adalah semua murid kelas IV SDN 03 Rantetayo sebanyak 53 orang, sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh sebanyak 53 orang Berdasarkan analisi data dan hasil penelitian serta uji hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar pada siswa kelas VI SDN 03 Rantetayo. Artinya tingginya lingkungan belajar maka kurang nya hasil belajar siswa. Dari hasil analisis yang telah dilakukan dengan taraf 5% diperoleh nilai sig.( 2Tailed) sebesar 0,137 > 0,05 pada variabel lingkungan belajar, maka Ho diterima dan HI ditolak yang berarti tidak ada hubungan yang signifikansi antara lingkungan belajar dengan hasil belajar, dan nilai sig (2Tailed) sebesar 0,137 < 0,05 pada variabel hasilbelajar, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada hubungan yang signifikansi antara lingkungan belajar dengan hasil belajar
References
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta..
Ahiri,jafar. 2017.Teknik Penilaian Kelas Dalam Pembelajaran. Jakarta: UHAMKA Press
Basyiruddin, Usman. 2018. Media Pembelajaran.PT. Ciputar Press: Jakarta.
Bloser 2017Mariyana, Rita, dkk. 2009. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Bandung: Kencana. Bridgeland J. M., DiIulio J. J., Morison K. B. 2006. The Silent Epidemic. Perspectives of High
School Dropouts. Washington, DC: Civic Enterprises, L.L.C. Jurnal Internasional. Tersedia di http://search.ebscohost.com. Diakses pada 30 Januari 2018.
Dahlan Siagian, Roida Eva Flora. 2011. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Vol 2, No 2. Tersedia di (http://scholar.google.co.id/scholar_url?url=http%3A%2F%2FRoida-3.pdf). Diakses pada 1Februari 2018
Djamarah, Syaiful Bahri. 2017. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta..
Hamalik, Oemar. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara: JakartaMunib,, dkk. 2017. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Hamdu, Ghullam dan Agustina, Lisa. 2016. Motivasi Belajar Peserta didik Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah dasar. Jurnal penelitian Pendidikan. Vol 12, no.1.http://scholar.google.co.id/scholar_url?url=http%3A%2F%2Fwww.aca demia.edu%2Fdownload%2F35968572%2F8-Ghullam_Hamdu1.pdf). Diakses tanggal 1 Februari 2018.
Hasbullah. 2011. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Rajawali Pers: Jakarta.
Rante, H. D., Gojang, R., & Pratama, M. P. (2024). Peran Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Interaktif: Studi Kasus Di Perguruan Tinggi. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 4(1), 37-45.
Lolang, E., & Pratama, M. P. (2025). Microlearning-Based Mobile Learning Module in Optimizing Learning Management System (LMS). JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 14(2), 381-392.
Marwan, Didi. 2013. Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran IPS di SMK. (Skripsi). Universitas Tanjungpura:Pontianak.(https://media.neliti.com/media/publications/213948-pengaruh-lingkungan-belajar-terhadap-has.pdf). Diakses tanggal 29 Maret 2018
Mariyana, Rita, dkk. 2018 (16-18) . Pengelolaan Lingkungan Belajar. Bandung: Kencana.
Tumba, M., & Pratama, M. P. (2024). PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KINERJA SISWA SMP. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, 3(1), 18-25.
Mudasir (2018) lingkungan fisik sekolah dan sosial
Musfiqon. 2017. Pengembangan Media Belajar dan Sumber Belajar. Prestasi Pustakakarya: Jakarta
Mubarokah, A.(2016)Hakikat dan funsi tujuan pendidikan kewarganegaraan Nasution, S. 2019.Sosiologi Pendidikan.Bumi Aksara: Jakarta.
Radovan, M., Makovec, D. 2015. Relation between students motivation, and perception of thr learning environment center for education policy studies journal. Vol 5, No 2, Halaman 115-138. Tersedia di (http://search.ebscohost.com). Diakses pada 9 Februari 201
Rohani, Ahmad. 2015. Pengelolaan Pengajaran. PT. Rineke Cipta: Jakarta.
Rohan (2015) linkungan fisik dan lingkungan belajar
Rusmono.(2017). Strategi pembelajaran ploblembased learning.jakarta: Ghalia indonesia
Sadima, Arif S. 2017. Belajar dan Pembelajaran. PT. Rineka Cipta: Jakarta.
Sari, Dian Purnama. 2016. Hubungan Antara Lingkungan Sekolah Dengan Hasil Belajar Siswa IV SD Negeri Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. UNNES: Semarang. Tersedia di ( http://lib.unnes.ac.id/24054/1/1401412035.pdf). Diakses tanggal 25 Maret 2018.
Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Saghafi, M. R., Franz, J., & Crowther, P. 2016. Perceptions of physical versus virtual design studio education. Jurnal Internasional of Architectural Research. Vol 6, No 1. Tersedia di (http://search.ebscohost.com). Diakses pada 30 Januari 2018
Slameto. 2018. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya.Bumi Aksara: Jakarta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R dan D.Alfabeta: Bandung. Syah, Muhibbin. 2018. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suhardan, Dadang. 2017 Konsep manajemen Mutu Terpadu. Alfabeta: Bandung.
Sukmadinata, Nana S. 2019. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. PT. Remaj Rosdakarya: Jakarta
Supriya. 2017. Psikologi Belajar. PT. RinekaCipta: Jakarta
Susanto, A. 2017. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.
Wiratna sujarweni Metode penelitian: Lengkap,Praktis,dan mudah dipahami Yogyakarta:Pustaka baru Press