PENGGUNAAN TEKNIK CERITA BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV UPT SDN 8 REMBON

Authors

  • Olgaria Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/05w77g54

Keywords:

Teknik Cerita Berantai, Keterampilan Menyimak Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menyimak siswa pada kelas IV UPT SDN 8 Rembon Kabupaten Tana Toraja. Hal ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor guru dan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IV UPT SDN 8 Rembon Kabupaten Tana Toraja. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) yang berdaur ulang atau siklus yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya, yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi, sedangkan tahapan analisis datanya, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, diperoleh data bahwa penggunaan teknik cerita berantai dapat meningkatkan keterampilan menyimak Bahasa Indonesia pada kelas IV.  Hal ini dapat dilihat  dari hasil rubrik penilaian keterampilan menyimak siswa siklus I, yakni  9 orang siswa (64,28%) yang masuk kategori baik, 2 orang siswa (14,28%) yang masuk kategori cukup, 3 orang siswa (21,42) yang masuk kategori kurang, dengan nilai rata-rata 69,50% dan meningkat pada siklus II, yaitu sudah 4  orang siswa (28,57%) masuk kategori nilai sangat baik, 8 orang siswa (57,14%) masuk kategori nilai baik, dan 2 orang siswa (14,28%) masuk kategori nilai cukup, dengan nilai rata-rata 80,64%. Penggunaan teknik cerita berantai dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa. 

References

Abidarda, Y., Rizkhi Ridhani, A., & Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, U. (2023). MADDANA?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan penyusunan skala psikologis untuk analisis kebutuhan awal siswa Sekolah Dasar bagi KKG Gugus Sungai Jingah (Vol. 3, Issue 2). http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/maddana/index.

Ahmad Suryadi, R. (2023). Kajian Terminologi Tujuan Pendidikan. 2(1), 2023. https://doi.org/10.61630/dijis.v2i1.41.

Aryani, S., & Rodiyana, R. (2021). Media Audio Visual untuk Keterampilan Menyimak Siswa.

Damayanti, S., Asbari, M., Setiawan, D., & Saputra, M. S. (2023). Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan Emotional Intelligence: Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ?.

Ghina Tsuraya, F., Azzahra, N., Azahra, S., & Puan Maharani, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Sekolah Penggerak . Bahasa Dan Budaya, 1(4).

Hanifa Sukma, H., & Fakhrur Saifudin, Mp. M. (2021). Keterampilan Menyimak dan Berbicara: Teori dan Praktik.

Harpina, H., Husnul Inayah Saleh, & Sutra Awaliyah Darfin. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Video Pembelajaran. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 987–995. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1228.

Hidayat, H., Sari, F. F., & Hasan, H. (2023). Kemampuan Menyimak Teks Cerita Rakyat Siswa Kelas V di SD Negeri 07 Woja Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(2), 162–173. https://doi.org/10.53299/jppi.v3i2.330.

Hikmatuzzohrah, S., Habibi, M. M., Fahruddin, F., & Suarta, I. N. (2022). Penerapan Permainan Pesan Berantai untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Kelompok B di RA Hidayatul Ikhsan NW Tebaban. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1058-1065.

Kartika Putri, A., Oktaria, R., Lampung, U., & Ir Sumantri Brojonegoro No, J. (2020). Analisis Hubungan Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. 6(2), 2580–9504.

Nurwahyuni, K., Asri, A., & Ulfa, M. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Teknik Cerita Berantai.

Rahmawati, N. D., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. In JES-MAT (Vol. 8, Issue 1).

Sari, D. D., Hamzah, R. A., Hakpantria, H., Sekarinasih, A., Sarwandi, S., Ratmiati, R., ... & Ningsih, A. G. (2025). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penerbit Mifandi Mandiri Digital, 1(02).

Downloads

Published

2025-10-27