PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN NUMERASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IIUPT SDN 13 REMBON
DOI:
https://doi.org/10.47178/e90pha32Keywords:
Media Papan Numerasi, Hasil Belajar Siswa.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II UPT SDN 13 Rembon, Kabupaten Tana Toraja. Hal ini disebabkan oleh dua fakor, yaitu faktor guru dan faktor siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas II UPT SDN 13 Rembon Kabupaten Tana Toraja. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas. Tahapan pengumpulan data dalam penelitian ini, meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi, sedangkan tahap analisis data dalam penelitian ini adalah menelaah data, rekduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data dalam penelitian ini meliputi penggunaan media pembelajaran papan numerasi siswa yang berhubungan dengan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada tahap pra-siklus, persentase ketuntasan belajar siswa adalah 37,03% dengan kategori sangat kurang dengan 10 orang siswa dinyatakan tuntas dan 16 orang siswa dinyatakan tidak tuntas, dimana nilai rata-rata kelas pada tahap ini adalah 60. Kemudian pada siklus I, terjadi peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar siswa 65,3% dengan kategori yang juga masih kurang dengan nilai rata-rata kelas 67,3 (kurang), dan pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar dengan persentase ketuntasan belajar 84,6% dengan kategori baik dengan nilai rata-rata 82,3 (baik). Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa penggunaan media papan numerasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
References
Anita. (2017). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pressindo.
Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arsyad. (2018). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Azwar, S. (2017). Tes Prestasi (Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar belajar-mengajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Mizan Learning Center.
Cahyono. (2019). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera Cipta. Deepublish.
Dimyati, Mudjiono. (2018). Memaparkan hasil belajar bentuk penilaian. Bandung: Tarsito Slavin.
Febriani, E. S., Arobiah, D., Apriyani, A., Ramdhani, E., & Millah, A. S. (2023). Analisis data dalam penelitian tindakan kelas.Jurnal Kreativitas Mahasiswa,1(2), 140-153. https://riset-iaid.net/index.php/jpm/article/view/1447.
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Ijar,1(2), 2022-12. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21.
Mustifikaningrum (2020). Media papan numerasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasaruddin. (2018). Desain Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Mizan Learning Center.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 171-187.
Nurrita. (2018). Berpikir Kritis Matematik. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat.
Putra, Media Papan Berhitung, Jakarta: Bumi Aksara, 2019.
Suciani, R. N., Azizah, N. L., Gusmaningsih, I. O., & Fajrin, R. A. (2023). Strategi Refleksi dan Evaluasi Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa,1(2), 114-123. https://riset-iaid.net/index.php/jpm/article/view/1445.