HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SDN 2TALLUNGLIPU
DOI:
https://doi.org/10.47178/djr9xm47Keywords:
Hubungan, Minat Baca, Kemampuan Membaca PemahamanAbstract
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN 2 Tallunglipu. Dalam metode penelitian ini, populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Tallunglipu yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digundalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Tallunglipu yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ii adalah angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Poduct and Service Solution) 26. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ex-post facto. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas dan linearitas. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis koefisien korelai pearson product momen. Hal ini ditunjukkan nilai signifikan pada hasil uji hipotesis yaitu nilai rhitung 0,044 > 0,05 (5%). Hasil analisis tersebut juga didukung oleh perbandingan antara nilai sig. (2-Tailed) dan rtabel. Dari perhitungan diperoleh nilai sig. (2-Tailed) = 0,827 dan nilai rtabel = 0,05 (5%). Maka penelitian ini HO diterima dan H1 ditolak karena nilai sig. Sebesar 0,827 > 0,05 (5%).
References
Halawa, N. (2020). Kontribusi Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Edukasi Khatulistiwa: Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 27-34.
Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2018). Hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas v madrasah ibtidaiyah negeri 2 bandar lampung tahun 2016/2017. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 87-93.
Kaharuddin, S. N. A. (2023). Hubungan Minat Baca Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 39 Cakke. Jurnal Basicedu, 8(2), 1431-1439.
Muliani, R., Tusa’diah, R., Karana, S., & AR, H. F. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Anekdot Tulisan Arab Melayu Mahasiswa Kelas 2023 A Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Riau. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 179-189.
Sari, D. D., Hamzah, R. A., Hakpantria, H., Sekarinasih, A., Sarwandi, S., Ratmiati, R., ... & Ningsih, A. G. (2025). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penerbit Mifandi Mandiri Digital, 1(02).
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.