HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SDN 2TALLUNGLIPU

Authors

  • Alfrida Runa Tallang Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/djr9xm47

Keywords:

Hubungan, Minat Baca, Kemampuan Membaca Pemahaman

Abstract

 Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN  2  Tallunglipu.  Dalam  metode  penelitian  ini,  populasi  dalam  penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Tallunglipu yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digundalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Tallunglipu yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian   ii   adalah   angket,   tes   dan   dokumentasi.   Teknik   analisis   data menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Poduct and Service Solution) 26. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis   penelitian   ex-post   facto.   Data   yang   terkumpul   dianalisis   dengan menggunakan teknik analisis uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas dan linearitas. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis koefisien korelai pearson product momen. Hal ini ditunjukkan nilai signifikan pada hasil uji hipotesis yaitu nilai rhitung 0,044 > 0,05 (5%). Hasil analisis tersebut juga didukung oleh perbandingan antara nilai sig. (2-Tailed) dan rtabel. Dari perhitungan diperoleh  nilai sig. (2-Tailed) = 0,827 dan nilai rtabel = 0,05 (5%). Maka penelitian ini HO diterima dan H1 ditolak karena nilai sig. Sebesar 0,827 > 0,05 (5%).

References

Halawa, N. (2020). Kontribusi Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Edukasi Khatulistiwa: Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 27-34.

Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2018). Hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas v madrasah ibtidaiyah negeri 2 bandar lampung tahun 2016/2017. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 87-93.

Kaharuddin, S. N. A. (2023). Hubungan Minat Baca Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 39 Cakke. Jurnal Basicedu, 8(2), 1431-1439.

Muliani, R., Tusa’diah, R., Karana, S., & AR, H. F. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Anekdot Tulisan Arab Melayu Mahasiswa Kelas 2023 A Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Riau. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 179-189.

Sari, D. D., Hamzah, R. A., Hakpantria, H., Sekarinasih, A., Sarwandi, S., Ratmiati, R., ... & Ningsih, A. G. (2025). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penerbit Mifandi Mandiri Digital, 1(02).

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-10-28