INOVASI KURIKULUM “MERDEKA BELAJAR” DI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Hasbarpikri Hasbarpikri Universitas Muhammadiyah Bulukmba

DOI:

https://doi.org/10.47178/rshx0280

Keywords:

Kurikulum Merdeka Belajar, Kampus Merdeka, Society 5.0

Abstract

Kebijakan ini diambil atas dasar permasalahan dan pertimbangan yang berkaitan dengan tujuan yang diharapkan. Perkembangan teknologi akan selalu mempengaruhi kehidupan manusia sehingga berdampak pada cara masyarakat berpikir dan berperilaku dalam kehidupannya. Sektor pendidikan, dari waktu ke waktu berkembang menjadi polemik bagi individu jika tidak dilakukan kebijakan yang signifikan. Metode pengumpulan data dari artikel ini dilakukan dengan menggunakan teknik studi literatur, berupa sumber referensi dari buku, jurnal dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Indonesia saat ini melakukan terobosan dengan mengubah kebijakan kurikulum menjadi “merdeka belajar” yang bertujuan agar kebijakan tersebut tidak membebani pendidikan baik bagi pendidik maupun peserta didik. Kebijakan belajar mandiri dimaksudkan agar proses pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Kurikulum belajar mandiri juga diharapkan mampu menghasilkan luaran pendidikan yang berakhlak mulia. Bahwa kurikulum merdeka belajar mengupayakan agar peran teknologi yang merupakan kebutuhan manusia saat ini dapat terintegrasi dengan yang lain. Jadi, di era society 5.0 permasalahan kehidupan sosial yang dialami setiap individu akan dipadukan dengan peran teknologi yang dijadikan sebagai alat dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan sosial.

References

Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Etty, S. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0:Aiming For A new Human Centered Society. Journal JEF , 47-50

Houtman. (2020). Merdeka Belajar Dalam Masyarakat 5.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 39-45.

Indar, M. D. (1995). Perencanaan Pendidikan: Strategi dan Implementasinya. Surabaya: Karya Abditama

Koentjaraningrat. (1985). Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan .Jakarta: Gramedia.

Putra, P. H. (2019). Tantangan Pendidikan Islam dalam Mengahadapi Society 5.0. Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu- Ilmu Keislaman , 99-110.

Wibawa, R. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama Di EraSociety 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. Journal Of Equilibrium , 137-141

Downloads

Published

2025-10-27