ANALISIS FAKTOR PENYEBAB SISWA KURANG AKTIF DALAM PEMBELAJARAN KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.47178/av6z4c83Keywords:
Siswa Sekolah Dasar, Kurang Aktif, PembelajaranAbstract
Kurangnya keaktifan siswa dalam belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor yang paling sering ditemukan yaitu faktor yang berasa dari luar diri siswa (faktor internal) dan faktor yang berasal dari luar diri siswa (faktor eksternal). Faktor internal penyebab siswa kurang aktif dalam pembelajaran yaitu kesehatan, minat belajar siswa, motivasi,bakat serta kemampuan siswa, sedangkan faktor eksternal yaitu keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan sekitar kemudian bagaimana cara guru dalam mengatasi siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor penyebab siswa kurang aktif dalam pembelajaran dengan menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui faktor penyebab siswa kurang aktif dalam pembelajaran dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal dan jug acara guru dalam mengatasi siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran di kelas. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengatasi siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
References
T. Anggoro, Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.
Djaali, Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Bandung: CV Wacana Prima, 2014.
E. Prastyo, Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Multimedia Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Chassis Dan Pemindah Tenaga Kelas Kelas XI TMO B SMKN 5 Surakarta. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta, 2010.
Ledoh, C. C., Judijanto, L., Jumiono, A., Apriyanto, A., & Hakpantria, H. (2024). Revolusi Industri 5.0: Kesiapan Generasi-Z dalam Menghadapi Persaingan Global. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
N. Huda, “Penerapan metode tanya jawab sebagai upaya peningkatan keaktifan siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas V,” El-Barqie, vol. 1, no. 1, pp. 145–149, 2020.
Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatitif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
M. Syah, Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Sarbaitinil, S., Fatimah, I. F., Hakpantria, H., & Ardiansyah, W. (2024). Buku Ajar Teori Belajar dan Pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sugiyono, Metode {Penelitian} {Kuantitatif}, {Kualitatif} dan {R}&{D}. Bandung: Alfabeta, 2011.
Slameto, Belajar Dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.