IMPELEMENTASI PROGRAM MENGAJAR  DALAM KURIKULUM PEMBELAJARAN MERDEKA BELAJAR

Authors

  • Nurfadillah lutfiyah Universitas Muhammadiyah Bulukumba

DOI:

https://doi.org/10.47178/5hzg1t88

Keywords:

kurikulum, merdeka belajar

Abstract

Pendidikan merupakan fondasi utama dalam pembentukan generasi muda yang kompeten, adaptif, dan berdaya saing di era digital yang terus berkembang. Dalam upaya menuju visi Kurikulum Merdeka, teknologi pendidikan memegang peranan penting dalam merevolusi proses pembelajaran dan pengajaran. Hal ini tidak hanya memberikan akses yang lebih luas terhadap sumber daya pendidikan, tetapi juga memungkinkan pendekatan pembelajaran yang lebih dinamis dan disesuaikan dengan kebutuhan individu. Tahapan penelitian ini di lakukan untuk mengetahui bagaimana peran teknologi dalam mendukung pembelajaran merdeka belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan kajian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan identifikasi dari artikel, jurnal, maupun sumber lainnya yang berkaitan dengan permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu peran teknologi dalam mendukung pembelajaran merdeka belajar. Upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia harus dibarengi dengan perkembangan tekonologi. Teknologi dalam pendidikan sebagai wadah dalam memfasilitasi proses belajar sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar supaya terbentuk pendidikan yang efisien dan efektif.

References

Imelda, I., & Tulak, T. (2021). Peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 64-70.

Kaharuddin, A., Tulak, T., Magfirah, I., & Ode, R. (2021). Mengapa Kita Membutuhkan Teknologi Dalam Pendidikan?. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 57-61.

Millati, I. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam perspektif merdeka belajar di era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1-9.

Nuridayanti, N., Muryaningsih, S., Badriyah, B., Solissa, E. M., & Mere, K. (2023).

Peran Teknologi Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal on Teacher Education, 5(1), 88-93

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Tulak, T. (2023). Mengembangkan Materi Pembelajaran Interaktif Dengan Canva Untuk Pendidikan Di SMP. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(2), 290-297.

Tangkearung, S. S., Tulak, T., & Patintingan, M. L. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(2), 67-76.

Tulak, T. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Makassar (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Tulak, T., & Tangkearung, S. S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 1(1), 97-106.

Yasmansyah, Y. (2022). Konsep merdeka belajar kurikulum merdeka. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 29-34.

Downloads

Published

2025-10-27