PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BAAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.47178/7tny6c87Keywords:
Problem Based Learning, , Baamboozle, , Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Baamboozle pada siswa kelas III SDN 02 Makale. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian adalah fokus proses dan fokus hasil. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Baamboozle dapat dilihat dari tes formatif siswa yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan selama 2 siklus disimpulkan bahwa dengan menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) Baamboozle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III di UPT SDN 02 Makale.
References
Abi Fadila. (2015). eksperimen pendekatan matematika realistik dengan pemberian tugas, jurnal E-DuMath.
Ahmad S. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, Jakarta:Prenadamedia Group.
Cahyono. (2019). Media pembelajaran, Bandung: PT. Sarana tutorial nurani sejaterah cipta. Depublish
Chairul Anwar. (2021). hakikat manusia
Daryanto, (2020). Media pembelajaran, (yayasan kita menulis).
Elis Tuti. (2022) Efektifitas baamboozle dan pola komunikasi Guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, (Jakarta: Institut ilmu Qur-an).
Febriana(2017). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR)Dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Autentik, Vol.1, No.1.
Iin Andriyani. (2021) Pemanfaatan penggunaan ice-breaking pada website baamboozle dalam kegiatan pembelajaran, proseding seminar nasional pendidikan dasar, Vol.6 No. 1
Indriani, L. (2022). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris.
Mariani, Sartika Dewi, (2022) “PengaruhPembelajaran Hybrid Learning Menggunakan Media Baamboozle Terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa SMP”, Pendidikan IPS, Vol. 2, No. 2.
Mayasari, T,. Dkk (2016). Apakah model pembelajaran problem besad learning mampu melatih keterampilan abab 21?. Jurnal pendidikan fisika san keilmuan, Vol.8, No.2.
Muhajarah, K., & Rachmawati, F. (2019). Game edukasi berbasis android: Urgensi penggunaan pengembangan dan penguji kelayakan. JUSTEK: Jurnal sains dan teknologi
Muhammad Syahrul K. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMAKota Sorong terhadap Butir Soal dengan Graded Response Model. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah.
Muhammad Syahrul Kahar. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMA Kota Sorong terhadap Butir Soal dengan Graded Response Model“. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah.
Nasution, dkk. (2015) pengaruh belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika, jurnal formatif, Vol. 3 No. 2.
Putra, (2022). Pengaruh problem based learning berbantuan media puzzle terhadap minat belajar siswa SD. Jurnal pendidikan dan konseling(JPDK). Vol. 8, No.2.
Putri Hana Febriana. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Siswa Kelas VSDN 003 Bangkinang. Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika.
Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. (2022). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif pada Tes Uraian dan Tes Objektif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Rahman, dkk. (2019). Evaluasi Pembalajaran. In Uwais Inspirasi Indonesia
Riandeni, dkk. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Student Active Learning untuk Meningkatkan Critical Thinking Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu
Rosyidi, D. (2020). Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Kognitif. Tasyri`?: Jurnal TarbiyahSyari`ah-Islamiyah
Sari, W., & Manurung, N. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Bantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA Pencawan School Medan.Best Journal (Biology Education, Sains and Technology) Vol. 8, No.2
Uti, H.Y., dkk. (2021). pengaruh penggunaan media game pada pembelajaran bahasa inggris secara daring dan luring di MTs N 1 Gorontalo, jurnal pemikiran dan pengembangan pembelajaran.