PENGGUNAAN MEDIA ALPHABET CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 2 SD KRISTEN ANUGRAH MALANGO’
DOI:
https://doi.org/10.47178/t3texe02Keywords:
Membaca permulaan, Alphabet CardAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 di SD Kristen Anugrah Malango’. Hal ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor guru dan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 di SD Kristen Anugrah Malango’. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan penelitian berdaur ulang / siklus, yang meliputi tahapan: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obseravasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tahapan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, meliputi: menelaah data, mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa Penggunaan Media Alphabet Card Dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SD Kristen Anugrah Malanggo’. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I, yakni 63,45 dengan ketuntasan 30,77% pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat mencapai 78,15 dengan ketuntasan 84,62%, sehingga dapat diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa sudah mencapai KKTP yang ditentukan oleh sekolah yaitu 70.
References
Astuti, A. W., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 73–81.
Budi Kurniawan. (2021). Sumber Dan Media Pembelajaran SD. Widina Bhakti Persada Bandung.
Halik, A., Sultan, A., & Asri, H. (2023). Penerapan Model PQRST Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 176 Barru. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(20), 197–201.
Panggarra, Ayub Seven, and Trivena Trivena. "Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Matematika Siswa Kelas IV SDN No. 126 Inpres Garampa’." Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4.1 (2021): 71-78.
Sari, D. D., Hamzah, R. A., Hakpantria, H., Sekarinasih, A., Sarwandi, S., Ratmiati, R., ... & Ningsih, A. G. (2025). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penerbit Mifandi Mandiri Digital, 1(02).
Sugianto. (2019). Penerapan Cd Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Materi Genetika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xii Ipa 1 Sman 6 Cirebon Tahun Pelajaran 2015/2016. Gema Wiralodra, 7(2), 71–82. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v7i2.91
Suleman, D., Hanafi, Y. R., & Rahmat, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 713. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.713-726.2021
Yudha, C. B., Kusuma, A. P., F., M., D., N. M. E., W., M. R. P., & Puspa, T. (2023). Optimalisasi Proses Pembelajaran Di SD Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Journal of Social Outreach, 2(1), 57–67. https://doi.org/10.15548/jso.v2i1.5696