KEGIATAN PEMBUATAN PROPOSAL RENCANA BISNIS (BUSINESS PLAN) DI SMA TRIMULIA BANDUNG

Authors

  • Yudha Nata Saputra Sekolah Tinggi Teologi Cipanas

DOI:

https://doi.org/10.47178/kts20t13

Keywords:

Pembelajaran Bermakna, , Pengalaman Belajar, , Rencana Bisnis

Abstract

Sekolah Menengah Atas (SMA) Trimulia Bandung berupaya untuk menghadirkan pembelajaran yang bermakna bagi siswa, pengalaman pembelajaran bermakna dapat dilakukan dengan menghubungkan informasi dengan konsep yang telah dimiliki siswa. SMA Trimulia berusaha untuk dapat mewujudkan hal ini, dengan cara memberikan pengalaman belajar di ruang kelas yang optimal kepada siswa. Salah satu strategi yang dapat dilakukan dalam rangka menghadirkan pengalaman belajar di ruang kelas yaitu siswa diberikan kesempatan untuk mengikuti lomba yang sesuai dengan minat dan bakatnya, seperti pembuatan lomba proposal rencana bisnis sehingga perlu diadakan kegiatan pelatihan. Hasil pelatihan pembuatan proposal rencana bisnis di SMA Trimulia, selain menghasilan proposal rencana bisnis juga membuat siswa menjadi memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dalam mempersiapkan diri menghadapi lomba yang diikuti. Keterbatasan waktu dalam kegiatan proposal rencana bisnis dapat diatasi dengan mengadakan konsultasi di luar waktu pelatihan, di sisi lain motivasi siswa dalam menyelesaikan rencana proposal bisnis menjadi faktor penting dalam terselenggaranya kegiatan ini.

References

A. Rohim and A. T. Asmana, “Efektivitas Pembelajaran Di Luar Kelas (Outdoor Learning) Dengan Pendekatan Pmri Pada Materi Spldv,” J. Elektron. Pembelajaran Mat., vol. 5, no. 3, pp. 217–229, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.uns.ac.id/jpm

B. R. Sukarno and M. Ahsan, “Implementasi Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Business Model Canvas,” J. Manaj. dan Inov., vol. 4, no. 2, pp. 51–61, 2021, doi: 10.15642/manova.v4i2.456.

E. Mediawati, “PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DAN KOMPETENSI DOSEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR,” Din. Pendidik., vol. 5, no. 2, 2010, doi: 10.15294/dp.v5i2.4922.

F. Fariyanto and F. Ulum, “Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 52–60, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

I. Magdalena, J. Fatharani, S. A. Oktavia, Q. Amini, and U. M. Tangerang, “Peran Guru dalam Mengembangkan Bakat Siswa,” J. Pendidik. dan Dakwah, vol. 2, no. 1, pp. 61–69, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, no. 1. 2003.

Laboratorium Administrasi Bisnis, UNPAR BIZFEST BMC GUIDEBOOK. Bandung, 2023.

N. Rahmah, “Belajar Bermakna Ausubel,” Al-Khwarizmi J. Pendidik. Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 1, no. 1, pp. 43–48, 2013, Accessed: Oct. 18, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/54

R. Idamayanti, “students of physics education , Muslim University of Maros . The purpose of this collection in this study was carried out using product-moment correlation and t-,” vol. 3, no. Mid, pp. 71–75, 2020.

S. Adiputra and M. Mujiyati, “Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di Indonesia: Kajian Meta-Analisis,” Konselor, vol. 6, no. 4, p. 150, 2017, doi: 10.24036/02017648171-0-00.

Downloads

Published

2025-10-28