IDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM MENGAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNARUNGU) DI SLB DHARMA WANITA MAKALE

Authors

  • Dewiyanti Manga’ba Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/dah2jv42

Keywords:

Kesulitan Guru Mengajar, Anak Berkebutuhan Khusus , Tunarungu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan guru dalam mengajar Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu di SLB Dharma Wanita Makale. Jenis penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data pada penelitian ini adalah guru yang mengajar ABK Tunarungu. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa, kesulitan guru dalam mengajar ABK Tunarungu, yaitu: 1)guru mengalami kesulitan dalam membuat modul ajar, karena modul ajar harus disesuaikan dengan karakteristik dan kemampuan siswa; 2)guru kesulitan dalam membantu anak untuk fokus pada saat proses pembelajaran di kelas, 3)alat bantu dan media pembelajaran yang kurang memadai, sehingga hal ini mempengaruhi kelancaran proses pembelajaran; 4)kesulitan guru mengevaluasi hasil belajar siswa, dimana guru mengalami kesulitan dalam menentukan penilaian yang relevan dan sesuai dengan karakteristik kebutuhan atau kondisi ABK Tunarungu, sehingga sulit untuk memberikan penilaian terhadap hasil kerja siswa.

References

Agustin, Ina. 2020. "Problematika Pembelajaran Tematik Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Penyelengaran Pendidikan Inklusi". Malang: Education and Human Development Journal, Vol. 01 No.01.

Armi, Nia. 2019. "Analisis Kesulitan Guru Dalam Pengelolahan Kelas Inklusi Di PAUD Lentera Hati Islamic Boarding School Jempong Baru Mataram".

Haenudin. 2013. "Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu". Luxima, Indonesia

Hamalik, O. 2011. "Proses Belajar Mengajar". Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, A. 2018. "Profesi Kependidikan." Jakarta: Bumi Aksara

Han Shella, Dewi Koryati, & Deskoni. 2016. "Analisis Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Saintifik Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri Kota Palembang.”

Khairuddin. (2020). Pendidikan Inklusif Di Lembaga Pendidikan. Jurnal Tazkiya, IX(1), 82–104.

Madrid M, & Rosmawati. 2014. "Pemahaman Guru Tentang Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Padang: Universitas Negeri Padang".

Majid. 2014. "Perencanaan Pembelajaran." Remaja Rosdakarya. Bandung.

Moleong, L. J. 2010. “Metodologi Penelitian Kualitatif". Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mujahida, 2018."Problematika Pelayanan Terhadap Anak Tuna Rungu Di Sekolah Luar Biasa Jenetallasa, Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa".

Munthe, Bernawi. 2019. "Desain Pembelajaran". Yogyakarta: Pustaka Insani mardani.

Mustika, D., Ambiyar, A., & Aziz, I. (2021). Proses Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6158–6167. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1819

Nofiaturrahmah, Fifi. 2013. “Problematika Anak Tunarungu Dan Cara Mengatasinya.” Jurnal Elementary: Vol 6, No 1.

Sabrina Azzahra, D. M. 2023. Proses Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 202-210.

Zulmiyetri, Z. 2017. Metode Maternal Reflektif (MMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Tunarungu. Jurnal Konseling Dan Pendidikan. https://doi.org/10.29210/117500Winarsih, M. (2018). Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunarungu Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi. https://doi.org/10.21009/jiv.1302.2

Downloads

Published

2025-10-28