Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smp Negeri 2 Rantepao
DOI:
https://doi.org/10.47178/tdw1k225Keywords:
Efektivitas, Project Based Learning, Hasil Belajar, keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa dan respon peserta didikAbstract
Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas VII. SMP Negeri 2 Rantepao. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII.A SMP Negeri 2 Rantepao tahun ajaran 2024/2025. Desain penelitian yang digunakan adalah The one Group pretestposttest design. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar matematika sebelum penerapan model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berada pada kategori rendah, yaitu 41,97 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 18,59. Sedangkan rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berada pada kategori tinggi, yaitu 83,94 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 24.20. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan pembelajaran model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) lebih baik dari hasil belajar matematika sebelum diterapkan pembelajaran model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL); (2) Hasil persentase keterlaksanaan pembelajaran selama proses Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sebesar 84.8%; (3) Hasil persentase aktivitas siswa yang aktif mengikuti proses pembelajaran matematika sebesar 92.5% dan; (3) Hasil persentase siswa yang memberikan respon baik sebesar 91,02%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di Kelas VII.A SMP Negeri 2 Rantepao efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.
References
Abdul Kadir. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Edmodo Di Man Lhokseumawe.” Numeracy 7 (2): 225–39. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1198.
Apriliani, Dini Nur, and Vertika Panggayuh. 2018. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X RPL Di SMK Negeri 1 Boyolangu.” JoEICT (Journal of Education and Information Communication Technology) 2 (20): 19–26. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/joeict/article/view/691.
Ariyanti, Melda. 2017. “Perbandingan Keefektifan Project-Based Learning Dan Problem-Based Learning Ditinjau Dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran The Effectiveness Comparison of Project-Based Learning and Problem-Based Learning Models in Terms of Achievement of Student ’ s Learn.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains 5 (1): 1–10.
Damayanti, Safrida Dwi, Achmad Buchori, and Dwi Astuti. 2023. “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Liveworksheet.” Jurnal Pendidikan Guru Profesional 1 (1): 1–17. https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i1.164.
Dony Achmad Maulana. 2015. “Pengaruh Efisiensi Biaya Produksi Terhadap Laba Bersih.” Universitas Pendidikan Indonesia ..
Hardinata, Djulia, Bukhari, Siregar. 2021. “Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika 9 (4): 54–60.
Hevriansyah, Prana, and Priarti Megawanti. 2017. “Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 2 (1): 37. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893.
Indriyani, Indriyani, Mochammad Ahied, and Irsad Rosidi. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (Dlps) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bencana Alam.” Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika 1 (1): 8. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3442.
La’ia, Hestu Tansil, and Darmawan Harefa. 2021. “Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7 (2): 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021.
Muslim, Siska Ryane. 2017. “Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik SMA.” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 1 (2): 88–95. https://doi.org/10.35706/sjme.v1i2.756.
Nani, Karman La. 2014. “Project Based Learning Dalam Pengembangan Academic Help- Seeking Siswa Pada Pembelajaran Matematika.” Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 3 (1): 63–73.
Nurhadiyati, Alghaniy, Rusdinal Rusdinal, and Yanti Fitria. 2020. “Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (1): 327–33. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684.
Pratama, M. P., Ruruk, S., & Karuru, P. (2023). Validity of interactive learning media in computer basics course. Jurnal Inovasi T
Pratama, M. P. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegence Sebagai Sumber Belajar Mandiri. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(3), 97-110.
Pratama, M. P. (2022). Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Komputer. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 2(1), 76-82.
Ramadianti, Astria Ayu. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar.” Primatika?: Jurnal Pendidikan Matematika 10 (2): 93–98. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.668.
Rati, Ni Wayan, Nyoman Kusmaryatni, and Nyoman Rediani. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Ipa Sd Mahasiswa Pgsd Undiksha Upp Singaraja.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 6 (1): 60–71. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059.
Ward, Renée. 2017. “Octavian.” The Encyclopedia of Medieval Literature in Britain 1: 1–3. https://doi.org/10.1002/9781118396957.wbemlb237.
Widiawati, and Gilang Maulana Jamaludin. 2023. “Efektivitas Pembelajaran Siswa Sd Berbasis Multikultural.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana 2 (1): 22–25. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/semnas-ps/article/view/34475.
Wulandari, Fitria Eka, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, and Keterampilan Proses. 2016. “PENDAHULUAN Ilmu Pengetahuan Alam ( Sains ) Berkaitan Dengan Cara Mencari Tahu Tentang Alam Secara Sistematis Sehingga Sains Bukan Hanya Penguasaan Kumpulan Pengetahuan Yang Berupa Fakta-Fakta , Konsep-Konsep Atau Prinsip Saja . ( Depdiknas , 2006d?: 409 ,” no. 2: 247–54.
Yusuf, Bistari Basuni. 2018. “Konsep Indikator Pembelajaran Efektif” 1 (2).
Kunto, Suharsimi Ari. 2010. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.” Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2017. Metode Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D.“Metode Pengajaran Yang Efektif - Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.” n.d.