Efektivitas Penggunaan Mobile-Learning dalam Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 1 Toraja Utara
DOI:
https://doi.org/10.47178/zm4qpy32Keywords:
Efektivitas, Mobile lLarning, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran siswa melalui penggunaan mobile learning pada pelajaran Matematika untuk mendukung implementasi kurikulum Mermeka di SMK Negeri 1 Toraja Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitaif dengan metode quasi eksperimen design. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI TKJ 1 dan TKJ 3. Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan mobile learning dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Toraja Utara. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji – t dengan SPSS hasil yang didapatkan bahwa t hitung 7,660 = 0,000 pada level ? = 0,05, pada hasil tersebut didapatkan bahwa Sig. (2-tailed) 0,000 ? 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan mobile learning dan kelas kontrol yang tidak menggunakan mobile learning. Nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 90,80 sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 79,33.
References
Afif, N. (2022). Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal dan Implementasinya Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), Article 03.
Andari, E. (t.t.). View of Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning
Management System (LMS). Diambil 27 Januari 2024, dari https://jurnalfaktarbiyah.iainkediri.ac.id/index.php/allimna/article/view/694/468
Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694
Dzakiyuddin, A. D., Hidayati, N., & Mahsuni, A. W. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis
Praktikum Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Akuntansi Unisma. e_JurnalIlmiah Riset Akuntansi, 9(01), Article 01. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/5422
Ghassani, D., Nursa’adah, A., Septira, F., Effendi, M., Herman, T., & Hasanah, A. (2023). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Kurikulum Merdeka. Plusminus Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 307–316. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.2983
Hernanda, R. (2013). Mobile Learning Sebagai Support Media Untuk Pembelajaran Bahasa
Mandarin [Engd, Universitas Widya Kartika]. http://repository.widyakartika.ac.id/1661/
Ika Rahayu, M. S., & Astono, J. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile
Learning Pada Platform Android Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X [Skripsi,
Universitas Negeri Yogyakarta]. Https://Eprints.Uny.Ac.Id/48681/
Nasution, A., Siddik, M., & Manurung, N. (2021). Efektivitas Mobile Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Menengah Kejuruan (Smk). Journal Of Science And Social Research, 4(1), Article 1.
Rina, A. M., & Wirman, W. (2021). Efektifitas Pembelajaran Google Classroom Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(2), Article 2.
Salam, F. (2023). IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka Di Homeschooling. Proceeding Umsurabaya. Https://Journal.Um-Surabaya.Ac.Id/Pro/Article/View/19743
Sarah, Sari, P. N., Tausyiah, K. A., & Mursid, K. A. (2023). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Teknologi Media Audio Visual. Islamic Education, 1(4), 196–204.
Simega, B., Milka, M., & David, R. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Gawai pada
Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Peserta Mata Kuliah Apresiasi Sastra. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.819
Sinambela, P. N. J. M. (2008). FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN
MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION). GENERASI KAMPUS, 1(2),
Article 2. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/6947
Suyitno, M., Rukhmana, T., Siti Nurmiati, A., Romadhon, F., Irawan, I., & Mokodenseho, S. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran (Learning Loss) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X
Di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Journal on Education, 6(1), 3588–3600.https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3456