Efektivitas Penggunaan Mobile-Learning dalam Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 1 Toraja Utara

Authors

  • Rianto Simon Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Suri Toding Lembang Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Sonny Yalti Duma Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/zm4qpy32

Keywords:

Efektivitas, Mobile lLarning, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran  siswa melalui penggunaan mobile learning pada pelajaran Matematika untuk mendukung implementasi kurikulum Mermeka di SMK Negeri 1 Toraja Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitaif dengan metode quasi eksperimen design. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI TKJ 1 dan TKJ 3.  Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan mobile learning dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Toraja Utara.  Hal ini dapat dilihat dari hasil uji – t dengan SPSS hasil yang didapatkan bahwa t hitung 7,660 = 0,000 pada level ? = 0,05, pada hasil tersebut didapatkan bahwa Sig. (2-tailed) 0,000 ? 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan mobile learning dan kelas kontrol yang tidak menggunakan mobile learning. Nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 90,80 sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 79,33.

References

Afif, N. (2022). Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal dan Implementasinya Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), Article 03.

Andari, E. (t.t.). View of Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning

Management System (LMS). Diambil 27 Januari 2024, dari https://jurnalfaktarbiyah.iainkediri.ac.id/index.php/allimna/article/view/694/468

Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694

Dzakiyuddin, A. D., Hidayati, N., & Mahsuni, A. W. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis

Praktikum Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Akuntansi Unisma. e_JurnalIlmiah Riset Akuntansi, 9(01), Article 01. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/5422

Ghassani, D., Nursa’adah, A., Septira, F., Effendi, M., Herman, T., & Hasanah, A. (2023). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Kurikulum Merdeka. Plusminus Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 307–316. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.2983

Hernanda, R. (2013). Mobile Learning Sebagai Support Media Untuk Pembelajaran Bahasa

Mandarin [Engd, Universitas Widya Kartika]. http://repository.widyakartika.ac.id/1661/

Ika Rahayu, M. S., & Astono, J. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile

Learning Pada Platform Android Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X [Skripsi,

Universitas Negeri Yogyakarta]. Https://Eprints.Uny.Ac.Id/48681/

Nasution, A., Siddik, M., & Manurung, N. (2021). Efektivitas Mobile Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Menengah Kejuruan (Smk). Journal Of Science And Social Research, 4(1), Article 1.

Rina, A. M., & Wirman, W. (2021). Efektifitas Pembelajaran Google Classroom Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(2), Article 2.

Salam, F. (2023). IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka Di Homeschooling. Proceeding Umsurabaya. Https://Journal.Um-Surabaya.Ac.Id/Pro/Article/View/19743

Sarah, Sari, P. N., Tausyiah, K. A., & Mursid, K. A. (2023). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Teknologi Media Audio Visual. Islamic Education, 1(4), 196–204.

Simega, B., Milka, M., & David, R. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Gawai pada

Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Peserta Mata Kuliah Apresiasi Sastra. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.819

Sinambela, P. N. J. M. (2008). FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN

MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION). GENERASI KAMPUS, 1(2),

Article 2. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/6947

Suyitno, M., Rukhmana, T., Siti Nurmiati, A., Romadhon, F., Irawan, I., & Mokodenseho, S. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran (Learning Loss) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X

Di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Journal on Education, 6(1), 3588–3600.https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3456

Downloads

Published

2025-07-07