Efektivitas Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kurikulum Merdeka Belajar Siswa Kelas VIII UPT SMP Kristen Makale

Authors

  • Frengki Mangalik Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Inelsi Palengka Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Beatric Videlia Remme Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/hhbwy444

Keywords:

Efektivitas, Implementasi, Problem Based Learning, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujun untuk tujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas siswa, dan respon  siswa kelas VIII UPT SMP Kristen Makale yang diajar dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Bahwa ada peningkatan hasil belajar  kelas VIII UPT SMP Kristen  Makale setelah  diajar  dengan menggunakan model pembelajaran PBL, hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata n-gain siswa sebesar 0,76 berada pada interval g>0,7 dengan kategori tinggi. (2) Aktivitas siswa kelas VIII UPT SMP Kristen Makale yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat dikategorikan aktif, hal ini dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan aspek aktivitas siswa berjumlah  83% sehingga memenuhi kriteria aktifitas siswa secara klasikal yaitu ?70%. (3) Respon siswa kelas VIII UPT SMP Kristen Makale yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dikategorikan positif. Karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Kurikulum Merdeka Belajar siswa kelas VIII UPT SMP Kristen Makale efektif.

References

Arifa, F. N. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Tantangannya.

Hartatik, S. (2023). Penerapan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sesuai Kurikulum Merdeka. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 335–346. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1868

Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & Samala, A. D. (2021). 21st Century Skills?: TVET dan Tantangan Abad 21. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4340–4348. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1458

Intan, A., Kurnia, P., Nahari, I., Arum, I., & Rahayu, T. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA ELEMEN DASAR POLA FASE E DI SMK NEGERI 2 LUMAJANG Menurut kejuruan yang menerapkan kurikulum tentang profile technopreneur , dunia memiliki karakteristik pembelajaran teori mengatakan bahwa , pesert. 9(2), 131–137.

Irgi Muhamad, & Az-zarkasyi Abdillah. (2024). Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) dalam Kurikulum Merdeka. GURUKU: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 69–80. https://doi.org/10.59061/guruku.v2i1.562

Kainama, L., Salhuteru, J., Rumahuru, O., Unitly, M., & Amanukuany, R. (2023). Model-Model Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 1(5), 730–737. https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i5.118

Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.1008

Purnamasari, E., & Waluya, B. (2024). Efektivitas Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Sekolah Menengah Atas Negeri ( SMAN ) dan Madrasah Aliyah Swasta ( MAS ). 7, 342–348.

Ramadan, F., & Imam Tabroni. (2020). Implementasi kurikulum merdeka belajar. Lebah, 13(2), 66–69. https://doi.org/10.35335/lebah.v13i2.63

Ulinniam, Hidayat, Ujang Cepi Barlian, & Yosal Iriantara. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di Masa Pandemi pada SMK IBS Tathmainul Quluub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.74

Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003). https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Arifa, F. N. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Tantangannya.

Hartatik, S. (2023). Penerapan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sesuai Kurikulum Merdeka. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 335–346. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1868

Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & Samala, A. D. (2021). 21st Century Skills?: TVET dan Tantangan Abad 21. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4340–4348. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1458

Intan, A., Kurnia, P., Nahari, I., Arum, I., & Rahayu, T. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA ELEMEN DASAR POLA FASE E DI SMK NEGERI 2 LUMAJANG Menurut kejuruan yang menerapkan kurikulum tentang profile technopreneur , dunia memiliki karakteristik pembelajaran teori mengatakan bahwa , pesert. 9(2), 131–137.

Irgi Muhamad, & Az-zarkasyi Abdillah. (2024). Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) dalam Kurikulum Merdeka. GURUKU: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 69–80. https://doi.org/10.59061/guruku.v2i1.562

Kainama, L., Salhuteru, J., Rumahuru, O., Unitly, M., & Amanukuany, R. (2023). Model-Model Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 1(5), 730–737. https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i5.118

Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.1008

Pratama, M. P., Ruruk, S., & Karuru, P. (2023). Validity of interactive learning media in computer basics course. Jurnal Inovasi T

Pratama, M. P. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegence Sebagai Sumber Belajar Mandiri. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(3), 97-110.

Pratama, M. P. (2022). Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Komputer. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 2(1), 76-82.

Purnamasari, E., & Waluya, B. (2024). Efektivitas Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Sekolah Menengah Atas Negeri ( SMAN ) dan Madrasah Aliyah Swasta ( MAS ). 7, 342–348.

Ramadan, F., & Imam Tabroni. (2020). Implementasi kurikulum merdeka belajar. Lebah, 13(2), 66–69. https://doi.org/10.35335/lebah.v13i2.63

Ulinniam, Hidayat, Ujang Cepi Barlian, & Yosal Iriantara. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di Masa Pandemi pada SMK IBS Tathmainul Quluub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.74

Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003). https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Downloads

Published

2025-07-07