Analisis Proses Pembuatan dan Konsep Matematika Dalam Pembuatan Ukiran Toraja
DOI:
https://doi.org/10.47178/wy3xt939Keywords:
Budaya, Ukiran, Geometri , EtnomatematikaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Etnomatematika yang bertujuan untuk mendeskripsikan konsep Matematika geometri yang terkandung dalam ukiran Toraja. Subjek penelitian ini terdiri dari lima orang yakni dua orang pengukir, satu orang budayawan, dan dua orang guru Matematika yang paham tentang ukiran Toraja. Data pada penelitian ini diperoleh dari data literatur, observasi, hasil wawancara dengan informan, dan hasil dokumentasi berupa foto ukiran. Untuk mendapatkan data yang valid, maka penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan terdapat konsep-konsep Matematika geometri pada proses pembuatan ukiran Toraja diantaranya ialah bangun datar seperti lingkaran, segitiga, persegi, persegi panjang, belah ketupat.
References
Abdullah, A S. 2017. Ethnomathematics in perspective of Sundanese culture. Journal on Mathematics Education, 8(1), 1-6.
Andika Arisetyawan and Supriadi Supriad 2020. Study of ethnomathematics: A lesson from the Baduy culture. International Journal of Education and Research, 2(10), 681688
Alfiah dan Supryani, E, 2016. “Perubahan Bentuk Rumah Adat Tongkonan Tana Toraja Berdasarkan Pendapat Teori Lesesau”. Jurnal Teknosains. UIN Alauddin Makassar.
Ba’ru, Yusem. & Videlia, B. 2020. Transformation Geometry in Toraja Carving. Journal of Mathematics Education Innovation. Universitas Negeri Makassar.
Bintoro Henry, Rahayu Ratri, dan Murti Alif. 2021. Design Of Ethnomathematics Mobile Module To Facilitate Students Mathematical Thinking Ability. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Volume 10, No. 4, 2021, 2362-2372
Choeriyah, L. 2020. Studi Etnomatematika pada Makanan Tradisional Cilacap. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Dewita, Azhari. 2018. Studi Etnomatematika tentang Bagas Godang sebagai Unsur Budaya Mandailing di Sumatera Utara. Sekolah Pascasarjana, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah.
Djadir, Upu. H., & Sulfianti, A. 2018. The Profile of Students’ Mathematical Problem Solving on the Topic of Two-Variable Linear Equation Systems Based on Thinking Styles: Conference Series. 1028 (1).
Fouze Abu dan Amit Miriam. 2017. Development of Mathematical Thinking through Integration of Ethnomathematic Folklore Game in Math Instruction.
EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education BenGurion University of the Negev, ISRAEL
Gunawan, Rudi. & Merina. 2018. Tradisi Ma’nene’ Sebagai Warisan Budaya Etnis Toraja. Jurnal Candrasangkala Vol 4 No.2.
Hakim, I. 2020. Data Kualitatif dan Kuantitatif: Pengertian, Perbedaan, serta Contohnya. (Online). https://insanpelajar.com/data-Kualitatif-dan-kuantitatif/, diakses tanggal 1 Agustus 2021 (data Kualitatif di jenis penelitian).
Hamzah, A. 2020. Metode Penelitian Etnografi Kajian Filosofi, Teoretis, dan Aplikatif. Literasi Nusantara. Malang.
Heber. 2011. Arti dan Makna Ukiran. Toraja.
Ivan, I. Jainuddin. Rahim, A. 2023. Etnomatematika geometri Ukiran dan Banua Toraya Nosu (Suku Toraja). Jurnal Matematika & Statistika Serta Aplikasinya Vol.11.No1.
Karnila, N. 2013. Study Etnhomatematics: Pengungkapam system Bilangan Masyarakat Adat Baduy. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung
Kurniawan, A. 2021. Pengertian Matematika – Bidang, Logika, Karakteristik, Manfaat, Para Ahli. (Online). https://www.gurupendidikan.co.id/pengertianMatematika/, diakses tanggal 3 Agustus 2021.
Laurens, Theresia. 2016. Analisi Etnomatematika dan Penerapannya dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Lemma, 3(1).
Prasetyo, Suryandaru, dkk. 2019. Potensi Etnomatematika untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis, (Online),
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/, diakses tanggal 25 Juli 2021).
Pratama, M. P. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegence Sebagai Sumber Belajar Mandiri. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(3), 97-110.
Pratama, M. P. (2022). Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Komputer. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 2(1), 76-82.
Pratama, M. P., Ruruk, S., & Karuru, P. (2023). Validity of interactive learning media in computer basics course. Jurnal Inovasi T
Rahardjo, Mudjia. 2010. Triangulasi dalam penelitian Kualitatif. Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Rahmawati, Y. & Muchlian, M. 2019. Eksplorasi Etnomatematika Rumah Gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa 5.
Rantelino, H. 2015. Mengenal Ragam 10 Ukiran Toraja dan Makna Fiosofinya. Atikel. Kompasiana.
Risdayanti Irma dan Prahmana Rully. 2017. Ethnomathematics: Exploration in Javanese culture. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Romadoni, Almu. 2017. Aspek-aspek Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Banjar dan Penggunaan Aspek-aspek Tersebut Untuk Pengembangan Paket Pembelajaran Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan PMIPA FKIP Universitas Sanata Dharma.
Rosa,M. dan Orey, D. C. 2011. Ethnomatematics: The cultural aspects of mathematics. Revistas Latinoamericana de Etnomatematica, Vol. 4 No. 2 hlm. 35, (Online), https://dialnet.unirioja.es/, diakses tanggal 12 Oktober 2019).
Said, Abdul Azis. 2004. Simbolisme Unsur Visual Rumah Tradisional Toraja. Ombak. Yogyakarta
Siagian. 2013. Geometri Datar. Bogor: PT Pustaka Mandiri.
Spradley, P. J., 1997. Metode Etnografi. Tiara Wacaba Yogya. Yogyakarta.
Sugama, Sri. 2020. Studi Etnomatematika pada Masyarakat Desa Rantau Langsat Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Yogyakarta.
Sumarto. 2019. Budaya, Pemahaman dan Penerapannya “Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Keseninan dan Teknologi”. Jurnal Literasiologi. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Wahyuni dan Asti. 2013. Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Wulandari dan Arya. 2016. Budaya Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika Yang Kreatif. Jurnal Santiaji Pendidikan. FKIP Universitas Mahasaraswati.
Wondo Maria, Mei Maria, dan Naja Finsensius. 2020. Ethnomathematic Exploration Of Lio Traditional House Of Ende District For Geometry Learning. Missio, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Yuliati, Ati. 2013. Penerapan Pendekatan Concrete-Representational-Abstract (CRA) Untuk Meningkatkan Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Geometri. Universitas Pendidikan Indonesia.
Yusuf. 2010. Ethnomatematics;A mathematical Game in Hausa Culture. Journal of mathematics science education technomathematics research foundation, (Online) , vol.3, No.1, (http://www.tmrfindia.org/sutra/v3i16.pdf, diakses pada tanggal 3 Agustus 2021).
Zebua, Novanolo Christovori. 2020. “Investigasi Etnomatematika Terhadap Budaya dan Arsitektur Omo Sebua Nias Utara dan Penerapannya dalam Penyusunan LKPD untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama”. Tesis Magister Pendidikan Matematika, Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Zulkifi dan Dandiri. 2016. EthnoMatematika dalam sistem pembilangan pada masyarakat melayu riau.Jurnal UIN(online) Vol 19. No.2.(http://ejournal.uinsuska.ac.id, diakses 1 Agustus 2021).