Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan  Soal – Soal  Pecahan Di SMP

Authors

  • Librani Encelin Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Lusiana Delastri Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Marilyn Lasarus Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/aacn1n72

Keywords:

analisis, kesulitan, bilangan pecahan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskrpitif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal – soal pecahan di SMP. Indikator kesulitan yang digunakan yaitu kesulitan dalam menggunakan konsep, kesulitan dalam menggunakan prinsip, dan kesulitan dalam menyelesaikan verbal. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas VII-D yang berjumlah 16 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) kesulitan siswa dalam meggunakan konsep yang dilakukan siswa yaitu kesulitan dalam memahami konsep operasi hitung penjumlahan pecahan, kesulitan dalam menyamakan penyebut. (2) kesulitan dalam menggunakan prinsip tipe kesulitan yang dilakukan siswa adalah kesulitan dalam menyederhanakan pecahan, kesulitan dalam menyelesaikan perhitungan. (3) kesulitan dalam menyelesaikan verbal tipe kesulitan yang dilakukan siswa adalah kesulitan dalam memahami soal, serta kesulitan dalam menjabarkan soal cerita kedalam bentuk matematika.

References

Partimi, Desak P, Elma, AS. 2018. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Siswa Dasar. International Journal ofElementaryEduction.(online)2(1), (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE)

Pratama, M. P. (2022). Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Komputer. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 2(1), 76-82.

Pratama, M. P. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegence Sebagai Sumber Belajar Mandiri. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(3), 97-110.

Ilyas,Asmidir, Sisca F, Solihatun. 2017. Diagnosis Kesulitan Belajar & Pembelajaran Remedial. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang..

AM, Marsigit, Nugroho B,Sosilo. 2006. Matematika SMP Kelas VII. Yudhidtira Ghalia Indonesia.

Astri, Tari. 2019.Selamat Senang Belajar Matematika, Matematika pecahan. PUSSIS UNIMED.

Baharuddin, Muhammad, R. 2020. Konsep Pecahan dan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. Vol.3, No. 3 (https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/442)

Dewi, Novita, Undu, Dimpudus. 2020. Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Bilangan Pecahan Siswa kelas VII. Primatika: JurnalPendidikanMatematika,9(2), (https://doi.org/10.30872/primatika.v9i2.217)

Juniarti, Sonia,dkk. 2022. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Bilangan Pecahan kelas VII SMP. Jurnal Of Education In Mathematic, Science, and Technology.5(2). (http://jemist.ftk.uinjambi.ac.id)

Amir, Nur, Fadhilah, dkk. 2022. Kesulitan siswa dalam memahami konsep pecahan. Journal of Elementary Eductional research. (online). Vol. 2, No. 1(http://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/jeer, diakses juni 2022)

Downloads

Published

2025-07-07