Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Aljabar

Authors

  • Agustin Tammu Maruru Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Beatric Videlia Remme Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Suri Toding Lembang Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/2sc5g290

Keywords:

Analisis, Kesalahan, Aljabar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal aljabar yaitu kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan operasi, sehingga dapat meminimalisir kesalahan yang serupa pada penyelesaian selanjutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek penelitian terdiri dari 3 siswa yang diplih dari 30 siswa kelas VII pada salah satu SMP Kristen di kabupaten Toraja Utara. Penentuan subjek menggunakan metode purposive sampling dan Instrumen yang digunakan adalah tes uraian memuat 2 soal pada materi aljabar. Jawaban siswa selanjutnya dikelompokkan dalam kategri siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah serta dianalisis berdasarkan jenis kesalahan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh: (a) Subjek dengan nilai tinggi tidak melakukan kesalahan konsep, prinsip, operasi karena mampu menjawab soal dengan baik dan benar, (b) Subjek dengan nilai sedang siswa melakukan kesalahan konsep dapat dilihat dari jawaban soal nomor dua tidak menuliskan ditanyakan, (c) Subjek dengan nilai rendah melakukan kesalahan konsep, prinsip dan operasi dan tidak mampu menyelesaikan soal.

References

Aulia, J., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi himpunan kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 484–500.

Cahyani, C. A., & Sutriyono, S. (2018a). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 2(1), 26–30.

Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 35–44.

Hoar, A. Y., Amsikan, S., & Nahak, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perbandingan Pada Siswa Kelas VII SMPK St. Isidorus Besikama. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(1), 1–7.

Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. 1, 588–595.

Kusumawati, D. (2017). Penerapan Pendekatan Accelerated Learning (Al) untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar dalam Proses Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI Sdn Cipasung. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 4(1).

Marfu’ah, I., & Heriyati, H. (2023). Analisis Kesalahan Hasil Belajar Mahasiswa pada Operasi Matriks Mata Kuliah Aljabar Linear dan Matriks. Journal on Education, 6(1), 907–917.

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123–133.

Pratama, M. P. (2022). Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Komputer. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 2(1), 76-82.

Widiyanti, P., & Yani, A. (2015). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi pecahan bentuk aljabar di kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(9).

Widyanti, N., Haryani, D., Subagjo, A., Hamdani, M., & Hasan, A. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Kelas X SMKN 4 Palangka Raya dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri. Jurnal Pendidikan, 23, 29–38.

Yudharina, P. (2015). Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sdn Mejing 2 Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving. Basic Education, 4(8).

Downloads

Published

2025-07-07