Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Klasifikasi Kastolan

Authors

  • Emi Limbong Bua Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Suri Toding Lembang Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Sonny Yalti Duma Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/1pgnj389

Keywords:

Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Klasifikasi Kastolan

Abstract

Soal cerita merupakan bentuk aplikasi dari konsep-konsep penting dalam matematika. Analisis kesalahan merupakan suatu proses meriview jawaban siswa gunanya untuk mengidentifikasikan pola-pola ketidakmengertian. Klasifikasi kastolan merupakan soal cerita yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: kesalahan konseptual, kesalahan procedural, dan kesalahan teknik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Kristen 1 Tagari Rantepao dalam menyelesaikan soal cerita menggunakan Klasifikasi Kastolan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Kristen 1 Tagari Rantepao. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu tes dan wawancara, dimana  tes terdiri dari soal cerita materi aritmatika sosial berupa uarain menggunakan klasifikasi kastolan, setelah itu, dipilih  1 orang nilai tinggi ,1 orang nilai sedang, dan 1 orang nilai rendah sebagai subjek penelitian

References

Aura, Faradhita Shafa, dan Desyarini Puspita Dewi Aura. “ASPEK SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT PADA FILM DOKUMENTER ‘ORANG RIMBA’(THE LIFE OF SUKU ANAK DALAM).” Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan 4 (2023): 314–30.

Dewi, Mirnawati. “Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD Kartika XX-1 Kota Makassar,” 2023.

Farida, HJ Ida. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Kemampuan Analisis Fungsi Trigonometri. Mikro Media Teknologi, 2022.

Faturrochmah, Hani, Ryky Mandar Sary, dan Mira Azizah. “Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Materi Bangun Datar Berdasarkan Teori Nolting Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.” Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An 8, no. 2 (2021): 310–21.

Heryanto, Heryanto, Siswita Br Sembiring Sembiring, dan Jainal B Togatorop Togatorop. “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Curere 6, no. 1 (2022): 45–54.

Isrokatun, I, Nurdinah Hanifah, M Maulana, dan Imam Suhaebar. Pembelajaran Matematika dan Sains secara Integratif melalui Situation-Based Learning. UPI Sumedang Press, 2020.

Jefrizal, Jefrizal, Kartini Kartini, dan Noviarni Noviarni. “Analisis Kesalahan Konseptual, Prosedural, dan Teknis Siswa pada Materi Aritmatika Sosial.” Suska Journal of Mathematics Education 7, no. 2 (2022): 105–12.

Krisnamurti, Cyrenia Novella, Niluh Sulistyani, dan Magdalena Rosario Mega Sanusi. “ANALISIS KESALAHAN OPERASI BILANGAN BULAT PADA MAHASISWA MAPPI,” t.t.

Kurnia, Lisda, Tiara Abdiassahirah, dan Siti Maemunah. “Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial menggunakan tahap kastolan.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 7, no. 2 (2024): 357–64.

Nasional, Indonesia Departemen Pendidikan. “Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional,” 2003.

SINAGA, MERIKA. “Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika dengan Panduan Kriteria Watson dari Siswa Kelas VIII SMP Nasrani 1 Medan TP 2021/2022,” 2021.

Sudjanta, Raya Djatnika, Raisyal Fiqri Perdana Sasmita, dan Rejepguly Abdullayev. “Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Berbasis Teori Kastolan.” Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA) 3, no. 1 (2024): 129–37.

Zaina, Ibnu, Rahmah Johar, dan Saminan Saminan. “Pelaksanaan matrikulasi untuk meningkatkan penguasaan operasi hitung dasar matematika siswa SMKN 2 Langsa.” Jurnal Peluang 7, no. 1 (2019): 136–50.

Downloads

Published

2025-07-07