Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Kelas XI SMK Kristen Harapan Rantepao
DOI:
https://doi.org/10.47178/78ktb022Keywords:
Kemampuan Siswa, Menyelesaiakan Soal, MatematikaAbstract
Kemampuan siswa dalam menyelesaiakn soal maematika merupakan kemampuan yang dimiliki siswa untuk menyelesaikan soal-soal matematika yang meliputi kemampuan menuliskan aspek yang diketahui, kemampuan menuliskan aspek yang ditanyakan, kemampuan membuat model matematika, kemampuan menyelesaikan model matematika, dan kemampuan menuliskan kesimpulan hasil jawaban. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika kelas XI TKJ A SMK Kristen Harapan Rantepao. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ A SMK Kristen Harapan Rantepao. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes berbentuk uraian. Teknik analisis datanya menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa tergolong cukup mampu dan memahami soal dalam menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan algoritma yang benar tergolong mampu dalam memahami soal. Namun, kemampuan siswa dalam menuliskan kesimpulan hasil jawaban masih kurang mampu. Meskipun demikian, kekurangan dalam menuliskan kesimpulan tidak selalu mencerminkan ketidakpahaman terhadap soal yang diberikan.
References
Andriani, i. (2018). Analisis kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal fisika sma negeri 2 parepare kelas xi berdasarkan taksonomi bloom revisi anderson the analysis of students ’ ability to solve physics quations in sma 2 parepare grade xi based on taxonomy bloom ’ s anderson ’ s revision. 45–51.
Anggelina, M. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Berbentuk Cerita pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pekalongan. 4(1), 89–95.
Arief, U. W. (2015). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Program Linear dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MI DDI Kalukuang Kec. Tallo Kota Makassar Sulawesi Selatan.
Ermayani, L. (2018). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Sederhana. 1(1), 9–17.
Milenia, D. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Penyelesaian Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill(Hots) Pada Materi Pola Bilangan Kelas Vii Smp Negeri 1 Kandat. 7–15.
Padeken, Y. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VII SMPN 1 Buntao’ dalam Menyelesaikan Soal-soal Operasi Bilangan Bulat. Universitas Kristen Indonesia Toraja.
Wahyuddin. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Se-Kota Makassar. 2(2), 111–116.
Wasiah, R. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV SDN 9 Bukit Batu, Riau. 4, 33–43.
Wijaya, A. (2012). Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. 1(1983), 1–17.