Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Bangun Datar Segiempat
DOI:
https://doi.org/10.47178/exbtab93Keywords:
Kemampuan Representasi Matematis, Bangun Datar , SegiempatAbstract
Kemampuan representasi matematis merupakan suatu hal yang selalu muncul ketika seseorang mempelajari matematika pada semua tingkatan pendidikan. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana kemampuan representasi matematis siswa pada materi bangun datar segiempat. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa pada materi bangun datar segiempat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rantepao, tahun ajaran 2024 sebanyak 15 siswa yang terdiri atas 1 kelas, yang diambil dengan teknik pengumpulan data yaitu tes dan wawancara. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar tes kemampuan representasi matematis siswa dan pedoman wawancara. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan kemampuan representasi matematis siswa pada pembelajaran matematika dalam materi layang-layang, masih banyak subjek yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. kemampuan representasi matematis siswa pada kategori tinggi mampu memenuhi 3 indikator secara keseluruhan yaitu representasi visual (gambar), verbal (kata-kata) dan simbolik (persamaan matematis). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Kategori Sedang mampu memenuhi 2 indikator yaitu representasi visual (gambar), dan simbolik (persamaan matematis). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Kategori Rendah mampu memenuhi 2 indikator yaitu representasi visual (gambar), dan simbolik (persamaan matematis). Siswa dengan kategori rendah ini kurang mampu menjelaskan sesuai dengan hasil jawaban sebelumnya pada wawancara.
References
Dewi, D. P. N., Sariyasa, S., & Astawa, I. W. P. (2020). PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SETTING SCRIPT DAN BERBASIS MASALAH UNTUK REPRESENTASI DAN DISPOSISI. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(1 ), 1–8.
Fitriyah, E., Zuhri, M. S., & Ariyanto, L. (2022). Profil Kemampuan Multi Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Terbuka Matematika Ditinjau Dari Self-Efficacy. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(6), 510–518.
Handican, R., & Gunawan, R. G. (2022a). Systematic literature review: Analisis kemampuan representasi matematis siswa terhadap gaya belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 577–588.
Irwan, I., Zahari, C. L., & Mujib, A. (2023). PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MTs. MUALLIMIN UNIVA MEDAN. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 260–266.
Jayanti, R. A. D. (2013). Pengaruh gaya kognitif field dependent independent dan pembelajaran berbasis masalah terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Lutfiana, D. (2022). Penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika SMK Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319.
Nugraha, M. G., & Awalliyah, S. (2016). Analisis gaya kognitif field dependent dan field independent terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas VII. 5, SNF2016-EER.
Palayukan, H., Widoyo, H., Sappaile, B. I., Santosa, T. A., & Rahmah, A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa: Meta-Analisis. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 1352-1361.
Palayukan, H., lalan Langi, E., Palengka, I., & Lasarus, M. (2024). Transformasi Pembelajaran Matematika: Pengaruh Pemanfaatan Teknologi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1).
Ramanisa, H., Khairudin, K., & Netti, S. (2020a). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(1), 34–38.
Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis kesulitan menyelesaikan soal segiempat dan segitiga siswa SMP kelas VIII di Cianjur. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 321–331.
Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234.
Suwarti, T. S., Lestari, S., & Widiyanto, M. W. (2022). Implementasi blended learning pada pembelajaran bahasa inggris di sd kebon dalem 2 semarang tahun akademik 2021/2022. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 34–38.
Susanah, “Profil Komunikasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau Dari Kemampuan Matematika.”
Mulyaningsih, Marlina, and Effendi, “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika.”
Abdurahman et al., “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Kesebangunan Dan Kekongruenan.”
Sari and Susanah, “Translasi Representasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika.”
Tamba, Sembiring, and Simanjuntak, “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Level Teori Belajar Van Hiele Pada Materi Segiempat.”