Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Linear Satu Variabel
DOI:
https://doi.org/10.47178/f9j30124Keywords:
Metakognisi, Kesadaran, Pengaturan, EvaluasiAbstract
Kemampuan Metakognisi merupakan kemampuan untuk memahami bagaimana proses berpikir berlangsung serta cara mengelola dan mengontrol proses berpikir sendiri dalam berbagai aktivitas kognitif seperti dalam memecahkan masalah, dengan fokus pada tiga indikator utama yaitu awareness (kesadaran), regulation (pengaturan), dan evaluation (evaluasi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampaun metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah pada persamaan linear satu variabel. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kesu’. Pemilihan subjek dilakukan dengan cara mengkategorikan hasil belajar siswa berdasarkan nilai UAS matematika siswa. instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar tes kemampuan metakognisi dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Siswa dengan nilai matematika tinggi dapat memenuhi keseluruhan indikator awareness, regulation, dan evaluation. Siswa dengan nilai matematika sedang mampu memenuhi indikator awereness, tetapi kurang mampu mampu memenuhi indikator regulation dan belum mampu untuk memenuhi indikator evaluation. Siswa dengan nilai matematika rendah dapat memenuhi indikator awereness dan belum mampu untuk memenuhi indikator regulation, dan evaluation.
References
Desmita, Dra. (2009). Psikologi perkembangan peserta didik : panduan bagi orang tua dan guru dalam memahami psikologi anak usia SD, SMP dan SMA. PT Remaja Rosdakarya.
Erna Novianti, Putri Yuanita, & Maimunah. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1, 65–73.
Indri Anugraheni, Mp. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika.
Kartika, D. L. (2020). Aktivitas Metakognisi Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Program Linear (Studi Kasus Berdasarkan Perbedaan Gender). Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(2), 119. https://doi.org/10.21580/square.2020.2.2.6481
Marliana, W., Noor Aini, I., Singaperbangsa Karawang, U., Ronggo Waluyo, J. H., Telukjambe Timur, K., Barat, J., Kunci, K., & Metakognisi Matematis, K. (2021). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa Smp Pada Materi Segitiga. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovati, 4(2), 227286. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.277-286
Muhammad Noor Kholid, Febrianto, & Swasti Maharani. (2019). Metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis pisa pada konten quantity. Seminar nasional matematika dan pendidikan matematika (4th senatik), 4.
Muhammad Syaikhul Basyir, Aqimi Dinana, & Aulia Diana Devi. (2022). Kontribusi Teori Belajar Kognitivisme David P. Ausubel dan Robert M. Gagne dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7, 89–100.
Novianti Erna, Yuanita Putri, & Maimunah. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1, 65–73.
Purnomo, D. (2019). Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Melalui Aktivitas Metakognisi Matematis. In Pi: Mathematics Education Journal (Vol. 2, Issue 1). http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej40
Romli Muhammad. (2016). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA Dengan Kemampuan Matematika TingginDalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1.
Safitri, P. T., Yasintasari, E., Putri, S. A., & Hasanah, U. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Model PISA. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 11. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.941
Setyadi, D., Matematika, P., Kristen, U., & Wacana, S. (2018). Proses Metakognisi Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika UKSW). https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.13505
Wardana, R. W., Prihatini, A., & Hidayat, M. (2020). Identifikasi Kesadaran Metakognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.1-9