Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bangun Datar Di SMPN 1 Buntao’

Authors

  • Neli Timbang Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Inelsi Palengka Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Beatric Videlia Remme Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/a8jrte89

Keywords:

Analisis, Bangun Datar, Kemampuan Literasi Matematis

Abstract

Literasi matematis adalah kemampuan matematika secara komprehensif, yang menyangkut merumuskan, menerapkan, menginterpretasikan matematika dalam berbagai konteks; menalar dan menghubungkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa SMPN 1 Buntao’ dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun datar. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMPN 1 Buntao’ tahun ajaran 2024 sebanyak 15 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan (1) Siswa dengan kategori tinggi mampu mengungkap tiga aspek kemampuan literasi matematis di antaranya siswa mampu merumuskan situasi nyata secara matematis, siswa mampu menggunakan konsep, fakta, prosedur dan penalaran matematika, serta siswa mampu menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil matematika. (2) Siswa dengan kategori sedang hanya mampu mengungkap dua aspek kemampuan literasi matematis, di antaranya siswa mampu merumuskan situasi nyata secara matematis, dan siswa mampu menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil matematika. (3) Siswa dengan kategori rendah tidak mengungkap ketiga aspek kemampuan literasi matematis ( merumuskan situasi nyata secara matematis, menggunakan konsep, fakta ,prosedur dan penalaran matematika, menafsirkan, menerapakan dan mengevaluasi hasil ).

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Akmalia, N. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP/MTs Kelas VIII di Kelurahan Belendung.

Azahra, S. R., Nurhanurawati, N., & Caswita, C. (2022). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri 1 Batanghari Dalam Pemecahan Masalah. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 10(2), 243–253.

Budiarto, M. T., Masruroh, A., Azizah, A., Munthahana, J., Awwaliya, R., & Yusrina, S. L. (2022). Etnomatematika Kajian Etnomatematika pada Budaya Indonesia. Zifatama Jawara.

Handayani, T. B., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2022). Analisis Literasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Metacognitive Awareness. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 53–66.

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran online di universitas dian nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225–233.

Kusuma, A. R. A., & Machromah, I. U. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dalam Memecahkan Masalah Model PISA Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa Kelas VIII.

Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018a). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. 1, 588–595.

Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018b). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. 1, 588–595.

Lestari, R. D., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 8(1), 63–73.

Mahdiansyah, M., & Rahmawati, R. (2014). Literasi matematika siswa pendidikan menengah: Analisis menggunakan desain tes internasional dengan konteks Indonesia 1,.20(4), 452–469.

Permatasari, N. A. (2021). Increased Activeness and Cognitive Learning Outcomes of Students Through Problem Based Learning Models. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).

Poernomo, E., Kurniawati, L., & Atiqoh, K. S. N. (2021). Studi literasi matematis. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 83–100.

Putra, A. S., Santoso, L. W., & Palit, H. N. (2016). Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang dan Bangun Datar Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berbasis Android. Jurnal Infra, 4(2), 68–75.

Sari, D. R., Lukman, E. N., & Muharram, M. R. W. (2021). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi Sekolah Dasar. Fondatia, 5(2), 153–162.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).

Downloads

Published

2025-07-07