PENERAPAN LITERASI DIGITAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK KRISTEN HARAPAN RANTEPAO

Authors

  • Novani Kala SMK Kristen Harapan Rantepao
  • Milka Milka Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Yakub Tangdibiri Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/vb5cfx62

Keywords:

Literasi Digital, Perencanaan, Pelaksanaan

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Literasi Digital Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Kristen Harapan Rantepao. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan literasi digital mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Kristen Harapan Rantepao (2) mendeskripsikan pelaksanaan literasi digital mata pelajan Bahasa Indonesia di SMK Kristen Harapan Rantepao. Penelitian ini berjenis kualitatif, jenis penelitan lapangan.  Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi selanjutnya data dianalis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan literasi digital mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Kristen Harapan Rantepao melalui tahapan Perencanaan dan pelaksanaan. Dalam tahapan perencanaan literasi digital pada pembelajaran Bahasa Indonesia menunjukkan kesiapan sekolah dengan adanya jurusan Teknologi dan Komunikasi Jaringan, Sarana dan prasarana sekolah, perencanaan pemanfaatan teknologi dengan menggunakan Laptop dan Android, sumber dan media digital yang disiapkan dalam mendukung imlementasi literasi digital yaitu LCD, Power Point, Internet, YouTube, Whattsap, dan Jamdboard. (2) Pelaksanaan literasi digital pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menunjukkan pada saat proses pembelajaran guru menggunakan LCD dan Power Point dalam memaparkan materi pembelajaran, Internet, YouTube untuk mendonwload video pembelajaran yang akan diputarkan kepada siswa, Whattsap untuk mengirim Link kepada siswa, dan Jamdboard yang digunakan siswa dalam mengerjakan tugas dan merefleksikan hasil pembelajaran.

References

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. PILAR. 14. 15-31. Diakses dari: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak. Diakses dari:

Aniqoh, S., Maarif, M. A., & Kartiko, A. (2021). Kreativitas Guru Al Qur’an Hadist dalam Mendesain Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital dalam Masa Pandemi. Center Of Education Journal. 2. 30-42.

Arifin, N. F. (2018). Implementasi pendidikan karakter dalam membentuk kedisiplinan peserta didik melalui pembelajaran IPS Kelas VIII D dan E di MTS Al-Maarif 01 Singosari Malang. Undergraduate Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Diakses dari: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13001

Belshaw, D.A.J. (2011). What is Digital Literacy?. Ed.D Thesis. Department of Education at Durhan University. Diakses dari: http://etheses.dur.ac.uk/3446/1/Ed.D._thesis_(FINAL_TO_UPLOAD).pdf

Ginanjar, A., Putri, N. A., Nisa, A. N. S., Hermanto, F., & Mewangi, A. B. (2019). Implementasi Literasi Digital dalam Proses Pembelajaran IPS di SMP Al-Azhar 29 Semarang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN. 4. 99-105. Diakses dari: https://doi.org/10.15294/harmony.v4i2.36136

Haliq, A., & Riyanti, A. (2018). Pembelajaran Mandiri melalui Literasi Digital. Bahasa di Era Digital: Peluang Atau Ancaman. 3. Diakses dari: https://core.ac.uk/download/pdf/187513235.pdf#page=22

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta. Ilmu Grup. Diakses dari:

Harjono, H.S. (2018). Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 8, 4. Diakses dari: Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa | Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra (unja.ac.id)

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi. 4. 231-240. Diakses dari: https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.231-240

Jessica, A. R. A., Harmianto, S., & Mareza, L. (2020). Penerapan Literasi Digital dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Berbasis E-Learning Tema 8 Bumiku Kelas VI SD Negeri 2 Purbalingga Lor. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar. 2. 139-146. Diakses dari: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i2.529

Kawasati, R. (2019). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong. h, 11-12. Diakses dari:

Martin, A. (2008). Digital Literacy and the Digital Society. New York : Peter Lang.

Mustofa, A. W. (2023). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Hypermedia Interaktif Spring untuk Meningkatkan Literasi Digital. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar. 7. 535-548. Diakses dari: https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i2.776

Nasrullah, Rullie., dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses dari: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/11635

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif. 1. 195-202. Diakses dari: https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Nur, M., Umar, U., & Salam, A. (2022). Implementasi Literasi Digital di Smartphone dalam Peningkatan Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (Jinteks). 4. 359-365. Diakses dari: https://doi.org/10.51401/jinteks.v4i4.2061

Padmadewi dan Artini. (2018). Literasi di Sekolah dari Teori Ke Praktik. Nilacakra. Diakses dari: https://books.google.co.id/books?id=xsdtDwAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PA5#v=onepage&q&f=false

Rahayu, R., & Andri, S. (2022). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Penerapan Literasi Digital pada Guru di Era 4.0. Reformasi. 12. 167-177. https://doi.org/10.33366/rfr.v12i2.2981

Rahmawati, Y., & Suharyati, H. (2022). Peningkatan Literasi Digital Dalam Pembuatan Bahan Ajar Multimedia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 8. 977-984. Diakses dari: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.977-984.2022

Sari, N.N. (2019). Korelasi Tingkat Literasi dengan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan menggunakan Kurikulum Berbasis KKNI. (UNIMED). Diakses dari: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39978

Septiana, A. R., & Hanafi, M. (2022). Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1. 380-385. Diakses dari: https://doi.org/10.56799/joongki.v1i3.832

Shiva, S. N. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Ekonomi (Survei Peserta Didik Kelas Xi Ips Sma Negeri 20 Bandung Pada Materi Inflasi). Doctoral Dissertation, FKIP UNPAS. Diakses dari: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53042

Sujarweni, V. W. (2014). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss. Diakses Dari: Https://Repository.Radenfatah.Ac.Id/18854/3/3.Pdf

Ummah, A. H., & Kurniawan, A. (2020). Literasi Digital dan Peran Strategis Net Generation dalam Membangun Konten Positif di Media Sosial. Integritas: Jurnal Pengabdian. 4. 170-181. Diakses dari: https://doi.org/10.36841/integritas.v4i2.558

Downloads

Published

2025-04-19