PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING MENGUNAKAN MEDIA MOBILE LEARNING PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA  DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Authors

  • Gusti Patandean SMP Negeri 4 Makale Selatan
  • Milka Milka Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Elisabeth Mangera Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/aj2wj565

Keywords:

Penerapan, Media, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran daring serta penerapan media pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia di SMPN 4 Makale Selatan. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif. yang mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam pelaksanaan pembelajaran daring, Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMPN 4 Makale Selatan sudah terlaksana cukup baik. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik yaitu menggunakan media pembelajaran, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan peserta didik. Pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong guru untuk lebih kreatif dalam mengajar selain itu siswa dituntut untuk lebih mandiri dan termotivasi untuk lebih aktif belajar. Namun, pembelajaran daring memiliki kendala dalam pelaksanaannya kondisi jaringan yang tidak stabil dan kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring.

References

Aminullah, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Sistem Daring. Ganec Swara, 15(1), 999. Https://Doi.Org/10.35327/Gara.V15i1.203

Budiono, D., & Lodo, J. (2022). Jurnal Bioedutech: Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi SMP Negeri 5 Kodi Balaghar. 1, 1. Http://Jurnal.Anfa.Co.Id

Creswell, John W. (2013). No Title. Buku.

Dewi. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp Group Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyyah Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian, 14(2), 249. Https://Doi.Org/10.21043/Jp.V14i2.8447

Dewi, C. (2018). Penggunaan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Bahastra, 38(1), 8. Https://Doi.Org/10.26555/Bahastra.V38i1.8174

Endang. (2022). Yaitu T. 2(2), 208–222.

Fernanda, E. P., Astuti, R. P. F., & Hidayat, T. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring ) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Tengah Pandemi Covid - 19 Di Smpn 1 Padangan. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 1–8.

Irwan. (2021). Pengaruh Antara Media Pembelajaran Selama Pandemic Covid 19 Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP YPPK Biak. Jurnal Komunikasi, Politik & Sosiologi, 3(1), 1–12.

Junita. (2021). Pengelolaan Kelas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Di Kelas Vii G Mts Negeri 4 Ngawi. Indonesian Journal Of Education And Learning Mathematics, 2(1), 14–26.

Kaharuddin. (2021). Equilibrium?: Jurnal Pendidikan Kualitatif?: Ciri Dan Karakter Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan, IX(1), 1–8. Http://Journal.Unismuh.Ac.Id/Index.Php/Equilibrium

Kezia. (2021). Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Penerapan Pembelajaran Daring Di Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Governance, 1(2), 1–8.

Khairiah. (2021). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Pascasarjana.

Magdalena, I., Hanifah, H., Agustin, J. T., & Fitriani, M. A. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring Materi Menulis Karangan Narasi Kelas V Sdn Karangharja 1. BINTANG?: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 164–176. Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Bintang

Nurdin. (2021). Kendala Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Min 4 Bungo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 2(1), 25–33. Https://Doi.Org/10.52060/Pti.V2i01.482

Pratama, M. P. (2023). Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 77-84.

Rijali. (2021). Peran Literasi Teknologi Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 6(2), 237–243. Http://Www.Ojs.Ummetro.Ac.Id/Index.Php/Lentera/Article/View/1820

Samsinar, Dkk. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 7 Pangkep. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, Dan Kreativitas Peneliti Di Era Pandemi Covid-19,” 19, 1078–1088.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values And Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Setyawan, I., & Cahyoko, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Mi. Darussalam Pagesangan Surabaya. Jurnal Keislaman, 5(1), 28–48. Https://Doi.Org/10.54298/Jk.V5i1.3407

Susanti, W. (2020). Implementasi Pembelajaran Secara Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Smp Di Masa Pandemic Covid-19. Inovasi Pendidikan, 7(2), 134–145. Https://Doi.Org/10.31869/Ip.V7i2.2311

Winarya, A. (2021). Jurnal PAJAR ( Pendidikan Dan Pengajaran ) Volume 5 Nomor 3 Mei 2021 | ISSN Cetak?: 2580 - 8435 | ISSN Online?: 2614 - 1337 DOI?: Http://Dx.Doi.Org/10.33578/Pjr.V5i3.8317 Improving Teachers ’ Ability In Implementing Learning From Home Activities During Th. 5, 692–702.

Downloads

Published

2025-04-19