PENERAPAN LITERASI MEMBACA BAHASA INDONESIA DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 RANTEPAO KABUPATEN TORAJA UTARA

Authors

  • Besang Natasya Charoline SMP Negeri 2 Rantepao
  • Herman Kandari Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Daud Rodi Palimbong Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/nbm9ee08

Keywords:

Literasi Membaca, Siswa Kelas VII, Penerapan

Abstract

Penerapan Literasi Membaca Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara merupakan Penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dengan melakukan pengujian data numerik yang di uji secara statistik tentang pelaksanaan Penerapan Literasi Membaca Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Mix Method. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan literasi membaca khusunya pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum merdeka belajar efektif untuk mengembangkan kemampuan literasi membaca siswa kelas VII kegiatan ini membantu guru dan siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan literasi membaca serta membangun kegiatan yang sistematis yang berdampak positif terhadap pengembangan keterampilan membaca siswa kelas VII.

References

Awaludin, R. (2023). "Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah dan Koleksi Buku Perpustakaan terhadap Minat Baca Peserta Didik Kelas IV SDN I Bandar". Pacitan: (Skripsi). Institut Agama Negeri Ponorogo. Diakses dari https://etheses.iainponorogo.ac.id/24736/

Azizah S, N. R. (2021). "Implementasi Gerakan Literasi Baca Tulis untuk Mengembangkan Aspek Kognitif Siswa Kelas II MI Mabadil Huda Banjaran Jepara". Skripsi. IAIN Kudus. Diakses dari http://repository.iainkudus.ac.id/5668/

Devi, M. (2021). "Penerapan Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Aisyah 1 Labuhan Ratu Bamdar Lampung" Undergraduate: UIN Raden Intan Lampung. Diakses dari http://repository.radenintan.ac.id/14553/

Giantomi Muhammad, -. (2020). "Implementasi Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah Studi Deskriptif Analisis Di SMPN 4 Bandung". Masters, Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses dari http://repository.upi.edu

Khadijah. (2022). "Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Penguatan Literasi diSekolah Mitra MIN 2 Nagan Raya. Jurnal Mitra Pengabdian Farmasi". 2. 1-6.Diakses dari https://ejurnal.akfar-mandiri.ac.id/index.php/abdimas/article/view/29

Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). "Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0". Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 211–222. Diakses dari https://ejournal.uinac.ic.semiba/article/download/10300/5174

Muhammad, G. (2020). "Implementasi Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah". (Studi Deskriptif Analisis di SMP 40 Bandung). Skripsi. Universitas Pendidikan Bahasa Indonesia.

Mutji, E., & Suoth, L. (2021). Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinnggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), Article 1. Diakses dari https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133

Rusli, I. A. (2023). Peran Implementasi Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional PSSH Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum. 2, 148.1-148.

Rusniasa, N. dkk. (2021). "Pegaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa IV SD Negeri 1 Penatih Pendasib". Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 5. 53-63. Diakses dari https://ejournal2.undikasha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/articel/view/258.

Sari, A. P. (2020). "Hubungan Literasi Baca Tulis dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia". Jurnal For Lesson and Learning Studies. 3. 141-152. Diakses dari https://jurnal.umined.ac.id/2020/index.php/kjb/articel/download/24324/14714/39925

Safta Agustina, W. (2023). Pengaruh Buaya Asing Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Kelas VI Di SDN 74 Kota Bengkulu. Undergraduate, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Diakses dari http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/2058/

Simatupang, Y. J. (2021). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Literasi Baca-Tulis Melalui Program GLS. Kode: Jurnal Bahasa, 10(2), Article 2. Diakses Dari https://doi.org/10.24114/kjb.v10i2.26197

Simbolon, J. (2023). Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Penerapan Literasi di Sekolah. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(01), Article 01. Diakses dari. https://doi.org/10.47709/jbsi.v3i01.2941

Shela, V. (2020). "Pelaksanaan Program Literasi di Sekolah Dasar Negeri 192 Pekanbaru". Skripsi. Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Diakses dari https://respository.uin-suska.ac.id/25242/

Vonie Shela, -. (2020). Pelaksanaan Program Literasi Di Sekolah Dasar Negeri 192 Pekan Baru. [Skripsi, UniversitasIslam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. I. Diakses dari https://repository.uin-suska.ac.id/25242/

Pahmi, Z., & Pratama, M. P. (2023). Utilization of Google Classroom as Online Learning Media in the Era of Revolution 4.0. JOURNAL OF SOCIAL SCIENCE AND EDUCATIONAL REVIEW, 1(1), 42-49.

Downloads

Published

2025-04-19