KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR MEDIA SOSIAL YOUTUBE DI KALANGAN REMAJA (KAJIAN PRAGMATIK)

Authors

  • Agung Evan Suang Universitas kristen Indonesia Toraja
  • Resnita Dewi Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Daud Rodi Palimbong Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/emq09s28

Keywords:

Media Sosial, Kesatuan Bahasa, Pragmatik

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  bentuk  kesantunan  berbahasa yang  digunakan  dalam kolom komentar  media  sosial  youtube.  Adapun  manfaat  dari penelitian ini adalah 1 Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat untuk membentuk penelitian-penelitian selanjutnya yang berhubungan dengan kesantunan berbahasa. 2 Bagi peneliti dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai kesantunan berbahasa. 3 Dapat  memperluas  pemikiran  pembaca  untuk  mematuhi  kesantunan  berbahasa  dan menjadi acuan untuk membedakan tuturan yang santun dan tidak santun. 4  Diharapkan menjadi  bacaan  dan  bahan  diskusi  bagi  masyarakat,  khususnya  orang  tua  untuk menambah  wawasan  tentang  keberadaan  media  sosial,  sehingga  bisa  menjadi  acuan dalam mengarahkan anak dalam berbahasa. Jenis   penelitian   ini   menggunakan   pendekatak   deskriptif   kualitatif.   Data dikumpulkan dengan: 1 teknik simak,yaitu dilakukan untuk menyimak kata atau kalimat yang memiliki bentuk strategi kesantunan berbahasa yang digunakan dalam kolom komentar pada media sosial Youtube.2 teknik catat yaitu dilakukan untuk mencatat kata atau kalimat yang memilki bentuk strategi kesantunan berbahasa yang digunakan dalam kolom komentar pada media sosial Youtube. 3 teknik dokumentasi yaitu dengan tangkap layar (screenshot) dari komentar yang ada dalam media sosial Youtube. Hasil penelitian Setelah penulis melakukan penelitian dan mengamati kesantunan berbahasa pada kolom komentar di media sosial youtube, maka penulis menyimpulkan bahwa ditemukan 4 strategi kesantunan yaitu, 1 kesantunan positif, 2 kesantunan negatif, 3 kesantunan langsung, 4 kesantunan tersamar. Sebagian remaja memberikan dukungan mereka terhadap setiap video. Remaja yang memberikan komentar menggunakan Bahasa informal namun ada juga yang memberikan Bahasa yang kurang baik. Tetapi masih sopan untuk memberikan komentar.

References

Brown, P. dan Levinson. (1987). Politeness: Some Universal in Language Usage. Cambrige: University Press. Diakses dari https://books.google.com/books/ about/politeness.html?hl+id&id =og7w8ya2xijcc.

Eudes Rolandus Eksan, A. H. (2021). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Terhadap Dosen di Unimuda Sorong (Tinjauan Pragmatik). Jurnal keilmuan, bahasa, dan sastra penjarannya 2.35.Diaksesdarihttps://scholar.google.co.id/scholarhl=id&as_sdt=0%2c5&q=kesantunan+berbahasa+mahasiswa+terhadap+dosen+di+unimuda+sorong&btng.

Endahati, M. T. (2019). Kesantunan Berbahasa Di Media Sosial Online (Tinjauan Deskriptif). Jurnal Skripta, 1,5-10. Diakses dari https://scholar.google.co.id/scho lar?hl=id&as_sdt=0%2c5&q=ke santunan+berbahasa+di+media+ sosial+online+&btng.

Leech, Geoffrey. (1993). Prinsip- Prinsip Pragmatik (terjemahan M. D. D.Oka). Jakarta: UI Press.

Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Nasution, S. (2014). Metode Research (penelitian ilmiah). Jakarta: Aksara

Purwo. Bambang Kaswati. 1990. Pragmatik dan pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Kanisius. Diakses dari https://sholar.google.co.id/schol ar?hl=id&as_sdt=0%2c5&q=pur wo+bambang+kaswati+pragmat ik+dan+pengajaran+bahasa+yog yakarta+kansius&btng.

Rahardi, Kunjana. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Sukidin & Mundir, (2005). Metode Penelitian. Surabaya: Insan Cendekia.

Tarigan, Henry Guntur. (1986). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Yule, George. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yono, D. (2021). Kesantunan Berbahasa Siswa SMP Melalui Media Sosial. Jurnal inovasi dan riset akademik, 2,849-856. Diakses dari https://www.ahlimedia.com/jurn al/indeks.php/jira/artikel/downlo ad/167/151.

Pahmi, Z., & Pratama, M. P. (2023). Utilization of Google Classroom as Online Learning Media in the Era of Revolution 4.0. JOURNAL OF SOCIAL SCIENCE AND EDUCATIONAL REVIEW, 1(1), 42-49.

Downloads

Published

2025-04-19