Tantangan dan Peluang dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.47178/gya07k47Keywords:
Peluang, Tantangan, Media Pembelajaran, Perguruan TinggiAbstract
Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi di perguruan tinggi telah menjadi kebutuhan yang semakin mendesak seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Artikel ini membahas berbagai tantangan yang dihadapi dalam pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi, seperti keterbatasan infrastruktur, kesiapan dosen dan mahasiswa, serta kendala teknis dan pedagogis. Selain itu, artikel ini juga menguraikan berbagai peluang yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi. Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai tantangan dan peluang ini, perguruan tinggi dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam penerapan media pembelajaran berbasis teknologi.
References
Abbas, A., Setiadi, M. A., Marlia, M., & Adisaturrahimi, A. (2022). THE IMPLEMENTATION OF EDUPRENEURSHIP OF EFL STUDENTS IN THE INDONESIAN CONTEXT. KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 4(3). https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.325
Anastasia Baan, & Resnita Dewi. (2021). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 327–331. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.1407
Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF (Hendrizal, Ed.). Penerbit Samudra Biru.
Hadi, S., Andrian, D., & Kartowagiran, B. (2019). Evaluation model for evaluating vocational skills programs on local content curriculum in Indonesia: Impact of educational system in Indonesia. Eurasian Journal of Educational Research, 2019(82). https://doi.org/10.14689/ejer.2019.82.3
Hasan, M., Pd, S., & Pd, M. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.
Khotimah, S. K. S. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149–2158. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/857
Matematika, P., Pgri, I., Dilakukan, P., Mata, P., Metode, K., & Tahun, S. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK APLIKASI ANDROID PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN. October.
Morze, N., Varchenko-Trotsenko, L., Terletska, T., & Smyrnova-Trybulska, E. (2021). Implementation of adaptive learning at higher education institutions by means of Moodle LMS. Journal of Physics: Conference Series, 1840(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1840/1/012062
Pratama, Muh. P. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegence Sebagai Sumber Belajar Mandiri. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UKI Toraja, 97–110.
Pratama, Muh. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 5(2), 350–357. https://doi.org/10.1007/978-3-031-08250-4_25
Tumba, M., & Pratama, M. P. (2024). PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KINERJA SISWA SMP. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, 3(1), 18-25.
Pahmi, Z., & Pratama, M. P. (2023). Utilization of Google Classroom as Online Learning Media in the Era of Revolution 4.0. JOURNAL OF SOCIAL SCIENCE AND EDUCATIONAL REVIEW, 1(1), 42-49.
Sampelolo, R., Lura, H., & Pratama, M. P. (2023). PKM Sosialisasi Desain Bahan Ajar Digital Bagi Guru di SMA Toraja Utara. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(2), 239-247.
Pratama, M. P., & Adam, M. W. S. (2024). E-books as self-learning resources for educational technology students. Jurnal Kependidikan Media, 13(1), 9-15.
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296
Saputra, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Kecerdasan Emosional, Konsep Diri dan Pola Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Nusantara, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.38035/jpkn.v1i1.111