Peran Teknologi Pendidikan Dalam Membentuk Masyarakat Cerdas Dan Berdaya Saing
DOI:
https://doi.org/10.47178/2wh4tx09Keywords:
Cerdas, Kompetitif, Pendidikan, TeknologiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana teknologi pendidikan dapat mempengaruhi pembentukan masyarakat yang cerdas dan kompetitif. Kemajuan yang cepat dalam teknologi informasi dan komunikasi telah secara signifikan mengubah tata letak pendidikan. Dengan melakukan tinjauan pustaka dan analisis studi kasus, penelitian ini mengungkapkan sejumlah keuntungan teknologi pendidikan, antara lain meningkatkan akses pendidikan, pembelajaran yang disesuaikan, dan pengembangan keterampilan untuk era global saat ini. However, the study also found some challenges in the implementation of educational technology, including digital divide and lack of adequate infrastructure. Menurut temuan penelitian tersebut, disarankan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan investasi dalam infrastruktur teknologi pendidikan, mengembangkan kurikulum berbasis teknologi, dan memberikan pelatihan kepada pendidik untuk menggunakan teknologi dengan efektif.
References
Achyanadia, S. (2016). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Sdm. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v5i1.486
Adisaputro, S. E., & Rosidi, I. (2020). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI ERA MILENIAL. 01, 1–27.
Aidhi, A. Al, Harahap, M. A. K., Rukmana, A. Y., Permatasari, S., Simalungun, U., & Pattimura,
U. (1945). Peningkatan Daya Saing Ekonomi melalui peranan Inovasi. 2(02), 118–134.
Atmanti, H. D. (2005). Investasi Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan. Dinamika Pembangunan, 2(1), 30–39.
Fajriyani, D., Fauzi, A., Kurniawati, M. D., Yudo, A., & Dewo, P. (2023). Tantangan
Kompetensi SDM dalam Menghadapi Era Digital ( Literatur Review ). 4(6), 1004–1013.
Jaya, H., & Bekelanjutan, P. (2023). TRANSFORMASI PENDIDIKAN : PERAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ABAD KE-21. 6, 2416–2422.
Journal, C. D., Harini, H., Prananosa, A. G., Terminanto, A. A., Pendidikan, M., & Digital, E. (2023). Inovasi teknologi dalam meningkatkan efisiensi manajemen pendidikan dan
pengabdian masyarakat di era digital. 4(6), 12891–12897.
Lailan, A. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3257–3262. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3115
Pertiwi, A., Kamal, K., M. Daming, H., Takdir, M., & Hamid, H. (2023). Development of
Android-Based Interactive Multimedia On Thematic Learning. Journal on Education, 6(1), 3457–3465. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3414
Reyhan Mahsa Pratama, & Lestari, R. (2021). Pengaruh Penerapan Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia terhadap Keunggulan Kompetitif. Bandung Conference Series: Accountancy, 1(1), 22–26. https://doi.org/10.29313/bcsa.v1i1.29
Rosifa, E., Tomy, D., & Chayono, D. (2024). Pengaruh Literasi Digital, Literasi Keuangan, dan Perilaku Keuangan dalam menghadapi Era Revolusi Industri 5.0 di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat. Usc, 2(1), 103–112.
Sdm, K. (2016). Vol. 5. No. 1 Tahun 2016. 5(1), 11–21.
Sampelolo, H. (2024). Effectiveness Of Using Information Technology In Learning Case Study Of Interactive Learning System In Class A. Klasikal: Journal of Education, Lauguage Teaching and Science, 6(2).
Handy, Z. N., Usman, F., Hasni, M., & Pertiwi, A. (2022). Monograf Konsep Pengembangan Multimedia Pembelajaran Komputer Grafis. 9–25.
Hasni, S. (2023). Analysis Performance System Learning Based On Games For Students Of Educational. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 5(3), 639–644.
H., N., Febriati, F., & Ervianti, E. . (2021). The Impact of Computer-based Test and Students’ Ability in Computer Self - Efficacy on Mathematics Learning Outcomes. Journal of Education Technology, 5(4). https://doi.org/10.23887/jet.v5i4.34942
Arismunandar, A., Wahed, A., Ervianti, E., & H, N. (2023). A Transformational Leadership Of Private High School Principals In Makassar City. International Journal of Education, 16(2), 123–134.