Optimalisasi Penggunaan Smart Learning Tools untuk Pembelajaran Berbasis Teknologi di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.47178/zs82rv79Keywords:
Smart Learning Tools, Partisipasi Siswa, Tantangan Pendidikan, Teknologi Pembelajaran, Pendidikan Berbasis Teknologi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan smart learning tools dalam pembelajaran di era digital dan untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi guru dalam implementasinya. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan 20 guru dari berbagai sekolah menengah yang diwawancarai dan diamati selama proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75% guru melaporkan peningkatan partisipasi siswa ketika menggunakan alat pembelajaran berbasis teknologi. Namun, tantangan signifikan muncul dari kurangnya keterampilan teknis guru dan dukungan pelatihan yang tidak memadai, di mana 60% guru mengungkapkan kekhawatiran terhadap penggunaan teknologi baru. Penelitian ini merekomendasikan perlunya program pelatihan yang lebih terstruktur dan dukungan teknis untuk meningkatkan kepercayaan diri guru serta efektivitas penggunaan smart learning tools. Temuan ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan pendidikan berbasis teknologi di Indonesia dan mendorong kolaborasi yang lebih erat antara guru, siswa, dan penyedia teknologi.
References
Ahmad, S. (2021). The Role of Teacher Training in the Effective Use of Educational Technology in Classrooms. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 14(2), 45-60.
Mustofa, A. (2023). Barriers to the Effective Use of Technology in Education: A Review of Literature. International Journal of Educational Research, 52, 100-112.
Piaget, J. (2016). The Child and Reality: Problems of Genetic Psychology. New York: Basic Books.
Rahayu, R. (2020). Teachers' Perspectives on Technology Integration in the Classroom: A Case
Study of Indonesian High Schools. Indonesian Journal of Education, 10(1), 25-40.
Rosari, E. (2021). Collaboration Among Teachers in Implementing Smart Learning Tools: A Case Study in Secondary Education. International Journal of Learning Technology, 16(3), 307-321.
Suhendra, S. (2022). Adopting Technology in Education: Challenges and Opportunities in Indonesian Context. Journal of Information Technology Education: Research, 21, 157- 176.
Wang, H., Chen, X., & Liu, Y. (2020). Impact of Technology on Student Engagement: A Systematic Review. Educational Technology & Society, 23(1), 20-36.
Yasin, M. and Pertiwi, A. (2022) Menerapkan Media Pembelajaran Kreatif untuk.