Pengaruh Model Mixed Reality Terhadap Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa

Authors

  • Sadriana Ayu Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Rizal Arizaldy Ramly Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/wgvqp351

Keywords:

Model Mixed Reality, Kemampuan Berpikir Kronologis

Abstract

Pengaruh Model Mixed Reality Terhadap Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa Pada Mata Pelajaran PJOK Kelas X Di SMAN 2 Gowa. Penelitian Pengaruh Model Mixed Reality Terhadap Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa Pada Mata Pelajaran PJOK Kelas X Di SMAN 2 Gowa bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kronologis siswa dengan memanfaatkan model mixed reality pada mata pelajaran PJOK materi senam lantai. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Gowa tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 36 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model mixed reality terhadap kemampuan berpikir kronologis siswa. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa melalui model mixed reality dalam pembelajaran memberikan pengaruh terhadap kemampuan brpikir kronologis siswa pada mata pelajaran PJOK kelas X SMAN 2 Gowa dan memberikan respon posistif terhadap media pembelajaran tersebut.

References

Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Volume 01 Nomor 02 (2022), pp80-93E-ISSN:2962-1909;P-ISSN:2964-0105DOI: 10.30762/allimna.v1i2.69180 Implementasi Resource Based Learning(RBL) dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kemampuan Historical Thinking Siswadi MAN 1 Padangsidimpuan- Nurcintama Purba

Anidar (2017) ; Pemanfaatan Media, Kegunaan Media Pembelajaran; vol22;17

Asfarina, (2020) ; Pengaruh Penggunaan Model Kahoot Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XI SMAN 10 Makassar

Bayu Mahendra (2021), Pengaruh Penggunaa Media Aurora 3D Presentation Terhadap Kemampuan berpikir kronologis siswa Siswa PJOK Kelas X SMPN 1 Bontomarannu Kab. Gowa

Davina Agustriana, (2014), ; Kombinasi Penggunaan Media Interaktif Mixed Reality-Vol03 no13,2014

Daryanto, (2019) ; Landasan Penggunaan Media Pembelajaran.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Erfayliana, (2015). : Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Universitas Negeri Padang ; Modul PJOK Jenjang SMA Kelas 12,(permainan bola besar, bola kecil, dan atletik)

Feby Valentina, 2021; Mixed Reality (Pengertian Dan Sejarah, Hologram- Indonesia)

Frans Levied, (2016) ; Pengembangan Media dan Fungsi Media Pembelajaran

Hanifah, Ghina Ufairoh (2021) Pengaruh Kartu Permainan Edukasi Berbasis Mixed Reality Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa / Ghina Ufairoh Hanifah. Diploma Thesis, Universitas Negeri Malang. Hidayat, Kharisma. (2014). Motivasi Belajar Sebagai Mediasi Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kemampuan berpikir kronologis siswa Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas XI AP SMK N 2 Magelang. Economic Education Analysis Journal (EEAJ). Volume 3 Nomor 3.

Hasni, (2020) ; pengaruh penggunaan aplikasi Quipper school terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital SMKN 8 Pinrang.

Harada, (2020) ; dalam (Nurjannah 2020)-Macam Permasalahan Berpikir Kesejarahan

Huang, Lukman Firdaus, Khaffa Rauf (2019) Teknologi Dunia Virtual Yang Mencampuran Konsep Antara Augmented Reality Dengan Virtual Reality.

Januszewski and Molenda, 2015). ; Faktor Utama Dalam Proses Belajar.

Kabar pendidikan.id (2020) ; Pendidikan Di Indonesia Saat Ini.

Khozz Liertho, (2017) Mixed Reality, Manfaat, Kelebihan, Tujuan Dasar Bagi Pendidikan VOL-21//(2017;22).

Ma J (2018) ; Problematika Pendidikan Era Teknologi dan Kedudukan IPTEK 20/-1/2018

Milgram, Khisino, Laurent (2016) Melalui artikel berjudul A Taxonomy of Mixed RealityVisual Display,( Sejarah Awal Mixed Reality)

Nabila (2021), ; Efektifitas Penerapan Media Pembelajaran Visual Tree Chart Pad Mata Plajaran IPS Sd Inpres Tello Baru Makassar.

Nash dan Phenix dalam Tarunasena (2015, hlm 199) Keterampilan Berpikir Kronologis Adalah Kemampuan Berpikir Yang Mencakup Berbagai Aspek.

Payadnya, A., & Jayantika, T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen beserta Analisis Statistic dengan SPSS. Deepublish

Serdiyah Muktiningsih (2021) Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Pada Pembelajaran E-Learning Mata Pelajaran Ekonomi.

Suharsimi Arikunto (2016) : Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. ; Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Rivai (2018) ; Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran.

Sam Vandher, (2018) ; Pemicu Utama Rendahnya Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa 22/13(2018;11).

Zahara Aziz & Nik Azleena Nik Ismail, 2017. Menurut Santayasa dalam(Tricahyono & Widiadi, 2020).Penerapan model pembelajaran yang bersifat student oriented.

Zayyan Al., (2021) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Demi Tercapainya Tujuan Pembelajaran Secara Efektif Dan Efisien.

Downloads

Published

2025-02-12