PERAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN INTERAKTIF: STUDI KASUS DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Henro Daud Rante Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Rifka Gojang Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Lisda Makkalo' Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Muh. Putra Pratama Universitas Kristen Indonesia toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/njxbyc66

Keywords:

Digital Technology; Interactive Learning; Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran teknologi digital dalam mendukung pembelajaran interaktif di perguruan tinggi, khususnya di kalangan mahasiswa Teknologi Pendidikan angkatan 2021 di Universitas Kristen Indonesia Toraja. Masalah utama yang dikaji adalah efektivitas dan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kuesioner untuk mengumpulkan data dari responden yang berpartisipasi aktif dalam penggunaan teknologi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden menganggap teknologi digital sebagai alat pembelajaran yang efektif, dengan 76% responden menyatakan "efektif" dan 24% menyatakan "sangat efektif." Tingkat kepuasan terhadap teknologi digital juga tinggi, di mana 70% responden merasa "puas," 20% "sangat puas," dan 10% "cukup puas." Temuan ini menunjukkan bahwa teknologi digital memberikan kontribusi positif dalam memfasilitasi akses ke materi, komunikasi, serta pengalaman belajar yang lebih menarik dan fleksibel. Kesimpulan penelitian ini menegaskan pentingnya peran teknologi digital dalam meningkatkan efektivitas dan kepuasan pembelajaran interaktif, serta mendorong pengembangan fitur interaktif dan peningkatan dukungan teknis untuk memaksimalkan manfaat teknologi ini di lingkungan perguruan tinggi.

References

Di, P., Sd, M. I., Era, P., & Industri, R. (2023). MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM. 2(1), 10–19.

Luthfiana S. (2020). Proposal Kuantitatif SALMA LUTHFIANA (1710111220027). April. https://www.researchgate.net/publication/340442853

Ma’arif, A. I., & Nursikin, M. (2024). Pendidikan Nilai di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 326–335. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.254

Nurhayani. (2023). Peran Teknologi Digital dalam Mewujudkan Merdeka Belajar: Tantangan dan Peluang Bagi Pendidikan Masa Depan. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Isilam, 3(3), 124–134. https://doi.org/10.33096/JMS.V3I2.1105.

Pratama, M. P., & Adam, M. W. S. (2024). E-books as self-learning resources for educational technology students. Jurnal Kependidikan Media, 13(1), 9-15.

Pratama, M. P., & Ervianti, E. (2024, November). Development of Android-Based Interactive Media in Educational Teknologi UKI Toraja. In 7th International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2023) (pp. 831-840). Atlantis Press.

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Karuru, P. (2024). Moodle-Based Virtual Class to Improve Students' Metacognition and Independence in Online Learning. Journal of Education Technology, 8(2), 333-342.

Wiliyanti, V., Buana, L. S. A., Haryati, Rusmayani, N. G. A. L., Dewi, K. A. K., & Novita, F. (2024). Analisis Penggunaan Media BerbasisTeknologi Dalam MeningkatkanMinat Belajar Mahasiswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 6790–6797. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Downloads

Published

2025-02-12