Transformasi Digital Dalam Pendidikan : Peluang Dan Tantangan Di Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Enos Batusalu Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Jendriani Kambira Patinggi Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Melin Bunga Tandilinting Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Muh. Putra Pratama Universitas Kristen Indonesia toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/qb4c5m98

Keywords:

Digitalisasi pendidikan; Infrastruktur teknologi; Revolusi Industri 4.0; Tantangan; Transformasi digital.

Abstract

Salah satu perubahan besar di era Revolusi Industri 4.0 adalah transformasi digital dalam pendidikan. Dengan kemajuan teknologi digital, ada inovasi baru dalam pendekatan pendidikan, lebih banyak sumber informasi yang tersedia, dan proses belajar-mengajar yang lebih fleksibel. Namun, transformasi ini menghadapi tantangan. Ini termasuk pendidik yang tidak memiliki keterampilan digital yang cukup, keterbatasan infrastruktur teknologi, ketidakstabilan jaringan internet, dan biaya tinggi untuk membeli perangkat lunak. Dengan menggunakan metodologi kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk menemukan tantangan dan prospek transformasi digital dalam pendidikan. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada sepuluh mahasiswa di Universitas Kristen Indonesia Toraja, yang bertujuan untuk mendiskusikan tantangan dan peluang yang dihadapi dalam transformasi digital di pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama bagi pendidik adalah keterbatasan kemampuan digital mereka dan infrastruktur yang tidak memadai. Di sisi lain, peluang utama yang muncul adalah kolaborasi lebih luas antara guru dan siswa serta peningkatan akses ke sumber daya pendidikan. Dengan memiliki pemahaman ini, lembaga pendidikan dapat lebih siap untuk menerapkan transformasi digital secara efektif, yang akan menghasilkan lingkungan belajar yang lebih inovatif dan responsif terhadap perkembangan zaman. Transformasi digital dalam pendidikan di Indonesia memiliki potensi besar untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan jika dilakukan dengan benar.

References

Ahyani, E., & Dhuhani, E. M. (2024). Transformasi Digital dalam Manajemen Perkantoran Pendidikan: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Visionary?: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 12(1), 205. https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.10785

Bangsawan, G. (2023). Kebijakan Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia: Peluang dan Tantangan untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif. Jurnal Studi Kebijakan Publik, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.21787/jskp.2.2023.27-40

Faturahman, A. (2019). Perkembangan Guru Profesional Di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 600–608.

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988

Ismail, A., & Eleuyaan, E. (2024). Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Proses Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(3), 84–91. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/2131

Miftahul Jannah, Nurul Shafika, Eka Budi Parsetyo, & Syafaatul Habib. (2023). Transformasi Digital dalam Manajemen Pendidikan Islam: Peluang dan Tantangan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 5(1), 131–140. https://doi.org/10.30739/jmpid.v5i1.2094

Negara, O. J., Muhammad Kamil Husain, & Isaac Khong. (2023). Peran Transformasi Teknologi Informasi di Era Industri 4.0 Pada Profesi Akuntansi. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 84–94. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.375

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Karuru, P. (2024). Moodle-Based Virtual Class to Improve Students' Metacognition and Independence in Online Learning. Journal of Education Technology, 8(2), 333-342.

Tumba, M., & Pratama, M. P. (2024). PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KINERJA SISWA SMP. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, 3(1), 18-25.

Pratama, M. P., & Ervianti, E. (2024, November). Development of Android-Based Interactive Media in Educational Teknologi UKI Toraja. In 7th International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2023) (pp. 831-840). Atlantis Press.

Ervianti, E., & Pratama, M. P. (2024, November). Level of Self Efficacy of Student Computer Skills on Digital Literacy. In 7th International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2023) (pp. 720-725). Atlantis Press.

Pratama, M. P., & Adam, M. W. S. (2024). E-books as self-learning resources for educational technology students. Jurnal Kependidikan Media, 13(1), 9-15.

Sanger, A. H. F., & Kasingku, J. D. (2023). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Remaja Di Era Digital. Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 58–66. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/download/10220/4416/44627

Sati, L., Jaelani, W. R., & Herlambang, Y. T. (2023). Transformasi Digital Dalam Pendidikan: Sebuah Tinjauan Dalam Perspektif Filosofis. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332

Sundari, E., Studi, P., Perangkat, R., Indonesia, U. P., Digital, E., & Digital, T. (2024). Cendikia pendidikan. 4(4).

Sampelolo. (2024). Effectiveness Of Using Information Technology In Learning Case Study Of Interactive Learning System In Class A. Klasikal: Journal of Education, Lauguage Teaching and Science, 6(2).

Handy., Usman, F., Hasni, M., & Pertiwi, A. (2022). Monograf Konsep Pengembangan Multimedia Pembelajaran Komputer Grafis. 9–25.

Hasni,. (2023). Analysis Performance System Learning Based On Games For Students Of Educational. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 5(3), 639–644.

H., N., Febriati, F., & Ervianti, E. . (2021). The Impact of Computer-based Test and Students’ Ability in Computer Self - Efficacy on Mathematics Learning Outcomes. Journal of Education Technology, 5(4). https://doi.org/10.23887/jet.v5i4.34942

Arismunandar, A., Wahed, A., Ervianti, E., & H, N. (2023). A Transformational Leadership Of Private High School Principals In Makassar City. International Journal of Education, 16(2), 123–134.

Downloads

Published

2025-02-12