Efektifitas Microlearning dalam Meningkatkan Keterlibatan Mahasiswa di Era Digital

Authors

  • Faniati Melati Toding Rongko Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Mey Tumba Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Meir Fani Layuk Se’ke’ Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Hasni Podding Universitas Kristen Indonesia toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/vjqtkd50

Keywords:

Microlearning; Pembelajaran Digital; Era Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas metode microlearning dalam meningkatkan keterlibatan mahasiswa pada mata kuliah Aplikasi Komputer di era digital. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan angket terbuka. Temuan menunjukkan bahwa microlearning secara signifikan meningkatkan keterlibatan mahasiswa, terutama dalam pemahaman konsep, kemudahan mengingat materi, dan motivasi belajar. Metode ini berhasil mengakomodasi kebiasaan belajar generasi digital yang cenderung menyukai informasi yang ringkas dan fokus, serta memungkinkan fleksibilitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil ini, microlearning terbukti menjadi pendekatan yang relevan dalam mendukung pembelajaran di era digital yang dinamis. Rekomendasi diberikan untuk penelitian lanjutan terkait elemen-elemen desain microlearning yang optimal dalam meningkatkan hasil belajar jangka panjang.

References

Sampelolo, H. (2024). Effectiveness Of Using Information Technology In Learning Case Study Of Interactive Learning System In Class A. Klasikal: Journal of Education, Lauguage Teaching and Science, 6(2).

Handy, Z. N., Usman, F., Hasni, M., & Pertiwi, A. (2022). Monograf Konsep Pengembangan Multimedia Pembelajaran Komputer Grafis. 9–25.

Hasni, S. (2023). Analysis Performance System Learning Based On Games For Students Of Educational. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 5(3), 639–644.

H., N., Febriati, F., & Ervianti, E. . (2021). The Impact of Computer-based Test and Students’ Ability in Computer Self - Efficacy on Mathematics Learning Outcomes. Journal of Education Technology, 5(4). https://doi.org/10.23887/jet.v5i4.34942

Arismunandar, A., Wahed, A., Ervianti, E., & H, N. (2023). A Transformational Leadership Of Private High School Principals In Makassar City. International Journal of Education, 16(2), 123–134.

Asli, J. P., Sviridova, E., Yastrebova, E., Rebrina, F., & Bakirova, G. (2023). Machine Translated by Google Teknologi imersif sebagai alat inovatif untuk meningkatkan keberhasilan dan motivasi akademis dalam pendidikan tinggi. 1–10. https://doi.org/10.3389/feduk.2023.1192760

Balandin, S., Oliver, I., Boldyrev, S., Smirnov, A., Shilov, N., & Kashevnik, A. (2010). Multimedia services on top of M3 Smart Spaces. Proceedings - 2010 IEEE Region 8 International Conference on Computational Technologies in Electrical and Electronics Engineering, SIBIRCON-2010, 13(2), 728–732. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154

Menhard. (2024). Dampak Virtual reality terhadap keterlibatan mahasiswa dan hasil belajar di perguruan tinggi the society 5 . 0 era in indonesia. Jurnal Cahaya Mandalika (JCM), 5(2), 643–656.

Nastiti, K. A., Santoso, H. B., Junus, K., Ahmad, M., & Purwandari, E. P. (2024). the Effect of Immersive Technology on Enhancing Student Learning: JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 9(2), 208–217. https://doi.org/10.33480/jitk.v9i2.4775

Philosophy, E., Simarona, N., Elpin, A., Bahari, Y., & Tanjungpura, U. (2024). Alacrity?: Journal Of Education. 4(3), 293–304.

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Karuru, P. (2024). Moodle-Based Virtual Class to Improve Students' Metacognition and Independence in Online Learning. Journal of Education Technology, 8(2), 333-342.

Saurik, H. T. T., Purwanto, D. D., & Hadikusuma, J. I. (2019). Teknologi Virtual Reality untuk Media Informasi Kampus. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(1), 71–76. https://doi.org/10.25126/jtiik.2019611238

Setyawati, E., Triediantoro, H., & Yogyakarta, U. T. (2023). Penerapan Teknologi Virtual Reality dalam Konservasi dan Preservasi Bangunan. GAES - PACE Book Publisher, 26–49. https://digitalpress.gaes-edu.com/index.php/gaespace/article/view/123

Siahaya, S. R. (2024). Literatur Review: Penerapan Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Buletin Ilmiah Ilmu Komputer Dan Multimedia …, 2(2), 313–319. http://jurnalmahasiswa.com/index.php/biikma/article/view/1260%0Ahttp://jurnalmahasiswa.com/index.php/biikma/article/download/1260/871

Downloads

Published

2025-02-12