Pemanfaatan Teknologi Imersif dalam Pembelajaran: Meningkatkan Keterlibatan dan Pemahaman Siswa di Era Digital

Authors

  • Hasni Podding Universitas Kristen Indonesia toraja
  • Wiretno Adi Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Henrikus Tanggo Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Apriliya Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/jhwbmt57

Keywords:

Pembelajaran interaktif, pendidikan, teknologi imersif

Abstract

Pemanfaatan teknologi imersif dalam pembelajaran sebagai strategi untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa di era digital. Dengan kemajuan teknologi seperti Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Mixed Reality (MR), pendidikan dapat diubah menjadi pengalaman yang lebih interaktif dan menarik. Teknologi imersif memungkinkan siswa untuk terlibat secara langsung dengan materi pelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung eksplorasi dan penemuan. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi ini dapat meningkatkan motivasi siswa, serta membantu mereka memahami konsep-konsep yang kompleks dengan lebih baik. Melalui pengalaman belajar yang mendalam, siswa tidak hanya mengingat informasi lebih baik, tetapi juga mampu menerapkannya dalam konteks nyata.keberhasilan implementasi teknologi imersif di kelas, di mana siswa yang terlibat dalam pembelajaran berbasis VR melaporkan peningkatan minat dan pemahaman terhadap materi yang diajarkan. Selain itu, artikel ini memberikan rekomendasi bagi pendidik untuk mengintegrasikan teknologi imersif ke dalam kurikulum, termasuk pentingnya pelatihan bagi guru dan penyediaan akses yang memadai terhadap perangkat teknologi. Dengan pendekatan yang tepat, teknologi imersif dapat menjadi alat yang efektif dalam mengatasi tantangan pembelajaran di era digital, menjadikannya solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kesimpulannya, pemanfaatan teknologi imersif tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga memperkaya pengalaman belajar mereka, sehingga mempersiapkan mereka untuk menghadapi dunia yang semakin kompleks dan berbasis teknologi.

References

Sampelolo, H. (2024). Effectiveness Of Using Information Technology In Learning Case Study Of Interactive Learning System In Class A. Klasikal: Journal of Education, Lauguage Teaching and Science, 6(2).

Handy, Z. N., Usman, F., Hasni, M., & Pertiwi, A. (2022). Monograf Konsep Pengembangan Multimedia Pembelajaran Komputer Grafis. 9–25.

Hasni, S. (2023). Analysis Performance System Learning Based On Games For Students Of Educational. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 5(3), 639–644.

H., N., Febriati, F., & Ervianti, E. . (2021). The Impact of Computer-based Test and Students’ Ability in Computer Self - Efficacy on Mathematics Learning Outcomes. Journal of Education Technology, 5(4). https://doi.org/10.23887/jet.v5i4.34942

Arismunandar, A., Wahed, A., Ervianti, E., & H, N. (2023). A Transformational Leadership Of Private High School Principals In Makassar City. International Journal of Education, 16(2), 123–134.

Asmaliah, D. L. A., Dian Miranda, Siska Perdina, & Lukmanulhakim. (2024). Immersif Learning di PAUD Untuk Memperkenalkan Tempat Ibadah Agama Buddha di Pontianak Berbasis Virtual Reality. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1721–1736. https://doi.org/10.58230/27454312.705

Author 1, Author 2, & Author 3. (2017). Title article. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 00(00), XX–XX. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00

Basri, M., Ulfah, M., Purwaningsih, E., Warneri, W., Kuswanti, H., & Budiman, J. (2024). Pelatihan Penerapan Immersive Learning Dalam Pembelajaran Ekonomi Bagi Guru Ekonomi Kota Pontianak & Kabupaten Kubu Raya. Dedikasi Pkm, 5(2), 384–390. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i2.38923

Choirin Attalina, S. N., Efendi, A., Niswah, N., & Nugroho, V. A. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality (Vr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Materi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 11(1), 31–43. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v11i1.2599

Khairunnisa, S., & Aziz, T. A. (2021). Studi Literatur: Digitalisasi Dunia Pendidikan dengan Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(2), 53–62. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i2.22267

Tumba, M., & Pratama, M. P. (2024). PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KINERJA SISWA SMP. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, 3(1), 18-25.

Rachmadian, R. H. (2023). Sosialisasi Penggunaan Media Interactive Virtual Reality untuk Mendukung Pembelajaran Imersif Siswa di Kawasan Geopark Ijen. Abdimasku?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 712. https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1329

Shefira, A., Dewi, N. R., & Octaviani, R. (2024). Inovasi Pembelajaran PKN di Era Digital dengan Pemanfaatan Teknologi dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.447

Siahaan, M., Oktaviani, K., & Julia, J. (2021). Immersive Learning Experience pada Pembelajaran Daring dengan Penggunaan Virtual Reality. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 06, 13–20. https://doi.org/10.54367/jtiust.v6i1.1052

Yovanda, R., Mulyani, G., & Garnitasari, N. (2020). Penerapan Teknologi Imersif pada Axioo Class Program di jenjang SMK. Inovasi Kurikulum, 17(2), 87–97. https://doi.org/10.17509/jik.v17i2.37143

Yunita, S., Pratama, D. E., Silalahi, M. M., & Sembiring, T. (2023). Implikasi Teknologi Era Digital Terhadap Transformasi Pendidikan Di Siderejo Hilir Kacamatan Medan Tembung Sumatera Utara. Jurnal Darma Agung, 31(1), 745. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v31i1.3083

Downloads

Published

2025-02-12